Pembunuh Taruna ATKP Makassar Divonis 10 Tahun | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Pembunuh Taruna ATKP Makassar Divonis 10 Tahun

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pengadilan Negeri (PN) Makassar menjatuhkan vonis 10 tahun penjara terhadap Muhammad Rusdi, terdakwa kasus pembunuhan taruna ATKP Makassar, Aldama Putra Pongkala.

Dalam putusan hakim, Rusdi disebut terbukti melanggar pasal 338 KHUP tentang pembunuhan. Sidang putusan ini dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim, Zulkifli di PN Makassar, Jalan RA Kartini, Makassar, Rabu (21/8/2019).

“Berdasarkan fakta persidangan, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Muhammad Rusdi dengan hukuman 10 tahun penjara,” kata Zulkifli saat membacakan putusannya.

Hal yang memberatkan yang dilakukan oleh Rusdi adalah menghilangkan nyawa korban dan membuat penderitaan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Baca Sebelumnya : Polisi: Taruna ATKP Makassar Tewas Dianiaya Sneior

“Hal yang meringankan terdakwa berlaku sopan selama persidangan dan mengakui perbuatannya,” ungkapnya.

Pada sidang ini, majelis hakim menyebut unsur menghilangkan nyawa Aldama terbukti di dalam persidangan.

“Melakukan penganiayaan terhadap taruna tingkat pertama yaitu saudara Aldama Putra Pongkala,” sebutnya.

Putusan pengadilan ini sejalan dengan tuntutan yang dilayangkan oleh jaksa penuntut umum. Jaksa menuntut Rusdi dengan Pasal 338 KUHP. Jaksa juga juga mendakwa Rusdi dengan Pasal 354 KUHP dan Pasal 351 KUHP.

Kasus penganiayaan ini bermula ketika Rusdi memukul korban lantaran tidak mengenakan helm saat masuk ke dalam area kampus ATKP Makassar.

Akibat pemukulan itu, Aldama langsung terjatuh dan tidak bergerak dan segera dibawa ke klinik kampus. Berdasarkan pemeriksaan dokter, Aldama tewas karena kegagalan fungsi paru-paru. (Askay Khan)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending