Mantan Ketum HIPMI Ditangkap Kasus Penipuan | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Mantan Ketum HIPMI Ditangkap Kasus Penipuan

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Sulawesi Tenggara (Sultra), Hamka Hasan (48), diamankan di Mapolda Sulsel dalam kasus dugaan tindak pidana penipuan.

Penengkapan Hamka didasari laporan Lp.161/1V/2017/SPKT pada tanggal 20 April 2017 kemudian berstatus DPO/35/V11/2018 /Ditreskrimum Polda Sulsel.

Ditkrimum Polda Sulsel menindaklanjuti laporan korban dengan mendatangi rumah pelaku yang berada di Kendari, Sultra, tepatnya di Perumahan Citraland Blok F1 nomor 18.

Namun Hamka yang dicari kabur hingga dinyatakan berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO). Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Selasa (10/9).

Dicky menjelaskan, proses perburuan terhadap pelaku terus dilakukan oleh aparat kepolisian Polda Sulsel dipimpin Kanit Resmob Polda Sulsel, SKP Edy Sabhara MB. Alhasil keberadaan pelaku berhasil diendus.

alterntif text

“Kanit Resmob AKP Edy Sabhara langsung memerintahkan Iptu Makmur dan Tim Penyidik Subdit 4 melakukan pengejaran ke kota Kendari. Setibanya di Kendari tim langsung berkoordinasi dengan Jatanras Polda Sultra serta Resmob Polresta Kendari,” kata Dicky.

Dari hasil koordinasi itulah pihaknya mengidentifikasi keberadaan pelaku di rumahnya di Kompleks Perumahan Citraland Blok F1 nomor 18 Kendari, Sultra.

“Proses penangkapan pun dilakukan di rumah pelaku. selanjutjya diterbangkan ke Makassar lansung ke Polda Sulsel,” jelas Dicky.

Perwira tiga bunga melati dipundaknya itu menyebutkan bahwa korban bernama Andi Sarman merupakan warga Makassar. Dalam aduannya Hamka dituding melakukan penipuan dan penggelapan uang senilai Rp7,5 miliar.

“Kasus penipuan dilakukan pelaku, berkasnya sudah sampai ke penyidik Kejasaan Tinggi (Kejati), Sulsel pada tanggal 20 April 2017 silam, sejak dimulainya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke pihak Kejati Sulawesi Selatan,” pungkas Dicky. (Askay Khan)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending