Kopel Roadshow Tawarkan Tatib Dewan Partisipatif - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Kopel Roadshow Tawarkan Tatib Dewan Partisipatif

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Makaasaar – Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia berasama warga dampingan Kopel lakukan roadshow ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Rabu (11/09/2019)

Hal itu dilakukan untuk membahas Tata Tertib (Tatib) yang mengatur mekanisme kerja secara internal terkait pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD.

Direktur KOPEL Indonesia Anwar Razak mengatakan secara internal Tatib adalah aturan internal DPRD, namun implikasinya kepada masyarakat luas yang diwakili anggota-anggota DPRD.

“Beberapa aturan dalam Tatib ini sangat krusial dan berkaitan langsung dengan ruang pengawasan publik terhadap kinerja dan perilaku anggota DPRD. Salah satu diantaranya adalah aturan tentang rapat terbuka dan rapat tertutup,” ujar Anwar.

Ia menambahkan kriteria rapat terbuka dan tertutup tidak memiliki standar yang jelas didalam Tatib ini sendiri. Karena standar yang tidak ada sehingga Tatib memberikan mandat kepada pimpinan rapat untuk menyatakan terbuka dan tertutup.

Tatib DPRD tidak menyebut secara jelas informasi apa yang seharusnya dapat diakses publik dan juga tidak aturan tentang mekanisme akses informasi. Hal itu membuat situasi DPRD yang sebenarnya tertutup meskipun selalu dibungkus dengan kata terbuka.

Anwar mengungkapkan rapat-rapat dibuka untuk umum. namun faktanya ruang-ruang gelap itu masih sangat banyak.

“Dengan kondisi ini, ruang permainan anggota DPRD sangat jelas. Kewenangan yang dimilikinya untuk fungsi anggaran, pengawasa dan legislasi adalah bargaining besar yang bisa diuangkan. Tatib membuka ruang yang longgar karena tidak mengatur secara rinci dan disitulah peluang korupsi diciptakan,” jelasnya. (Mala)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending