Soal Foto Bersama Anies, Ini Klarifikasi Novel | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Soal Foto Bersama Anies, Ini Klarifikasi Novel

Published

on

Makassartoday.com, Jakarta – Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, angkat suara terkait fotonya yang viral tengah bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto hitam putih itu memperlihatkan Novel sedang duduk dengan Anies di sebuah masjid seusai menjalankan ibadah salat.

Novel menjelaskan, foto itu tidak ada hubungannya dengan perkara yang tengah dilakukan KPK. Apalagi, menurutnya, Anies tidak memiliki perkara korupsi yang ditangani oleh lembaga antirasuah tersebut.

“Pak Anies itu tidak pernah ada kasus di KPK,” ujar Novel, di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

“Bahwa orang dilaporkan, banyak orang dilaporkan. Kita tidak perlu sebut satu per satu. Jangankan pejabat, Pak Jokowi pun dilaporkan dulu ke KPK kasus Transjakarta, tapi kan konteksnya KPK kemudian tidak melihat itu sebagai perkara, belum dilihat sebagai masalah,” jelas Novel.

Dia mengungkapkan, pertemuan dirinya sebagai penyidik KPK dengan orang-orang yang masih berstatus terlapor tidak memiliki masalah.

“Tapi, kalau dengan Pak Anies, Pak Anies tidak pernah ada masalah. Tidak pernah ada penyelidikan terkait dengan hal yang berbau dengan Pak Anies. Jadi saya kira bertemu dengan Pak Anies sebagai saudara biasa saja,” ungkap dia.

Novel menjelaskan, foto itu diambil pada 2017 lalu ketika dirinya tengah dirawat inap di sebuah rumah sakit di Singapura. Saat itu, kata Novel, Anies menjenguk di rumah sakit setelah dirinya disiram air keras oleh orang tak dikenal.

“Waktu itu Pak Anies nengok saya, berbincang di rumah sakit, saya di kamar perawatan. Ketika masuk waktu salat, saya dan Pak Anies ke tempat salat. Saya kira itu wajar,” kata Novel.

KPK sebelumnya juga sudah mengklarifikasi terkait adanya hoaks atau informasi palsu terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Salah satunya terkait beredarnya foto hitam putih yang memperlihatkan Novel duduk dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sebuah masjid seusai salat.

“Foto itu kemudian dikaitkan-kaitkan seolah-olah berimplikasi dengan sebuah lembaran yang tertulis ‘Tanda Bukti Penerimaan Laporan/Informasi Dugaan TPK (Tindak Pidana Korupsi)’,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

“Perlu kami tegaskan, pengaduan masyarakat bersifat tertutup dan diproses di Direktorat Pengaduan Masyarakat yang berada di bawah Kedeputian PIPM (Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat). Ini merupakan kedeputian yang terpisah dengan tempat Novel bertugas, yaitu Direktorat Penyidikan pada Kedeputian Bidang Penindakan,” tandasnya. (Sumber: Kronologi.id)

BAGIKAN:
Comments

Trending