Usai Dilantik, RL Sampaikan Tugas Baru DPRD Makassar | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Usai Dilantik, RL Sampaikan Tugas Baru DPRD Makassar

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar masa jabatan 2019-2014 hari ini resmi dilantik, Jumat (18/10/2019) di ruang Paripurna Gedung DPRD Makassar, Jalan AP. Pettarani.

Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Makassar Tito Suhud yang disaksikan oleh PJ Wali Kota Makassar,  M Iqbal Suhaeb, mantan Wali Kota Makassar periode 2014-2019, Moh Ramdhan  Pomanto dan sejumlah pejabat Pemkot Makassar.

Kepada Awak Media, Ketua DPRD Kota Makassar yang baru, Rudianto Lallo (RL) mengatakan untuk tugas selanjutnya yakni segera mensahkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan tata tertib DPRD.

“Alhamdulillah tadi tugas pimpinan sementara telah usai dengan terbentuknya pimpinan definitif DPRD Makassar. Pimpinan akan segera mensahkan AKD, kedua akan mensahkan tatib DPRD Makassar,” kata RL usai pelantikan.

RL memberi waktu dalam satu Minggu semuanya selesai. Hal itu disebut agar DPRD Makassar bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya yaitu pengawasan, penganggaran, dan pembentukan Perda.

alterntif text

Selain itu, RL juga menyampaikan kedepan DPRD Makassar harus menjadi penghubung dimana selama ini tidak digunakan sementara kewenangan DPRD disitu.

“Menjadi penyambung lidah rakyat, misalkan memfasilitasi KUR di perbankan, atau akses kepada masyarakat kecil misalnya dana di perbankan dan ini yang tidak pernah terjadi. Saya kira peran inti yang harus diambil,” pungkasnya.

Menurut RL, masyarakat menengah ke bawah bisa di layani dengan baik jika tidak hanya memakai tiga fungsi yang selama ini rutin dilaksanakan, tapi juga menjadi penyambung bagi warganya yang butuh kucuran modal untuk usaha.

Perihal adanya polemik di pembentukan keanggotaan Fraksi DPRD Makassar, RL meyampaikan dinamika politik itu biasa apalagi di lembaga seperti DPRD.

“Skli lagi DPRD ini adalah lembaga kolektif kolegial satu kesatuan saya kira kalau memikirkan lembaganya maka yakin cair mengalir, semua akan berjalan dan lancar,” tuturnya.

Adapun ke empat pimpinan baru DPRD Makassar itu yakni, Rudianto Lallo sebagai Ketua (Nasdem), Adi Rasyid Ali sebagai Wakil Ketua 1 (Demokrat), Andi Suhada Sappaile sebagai Wakil Ketua 2 (PDI Perjuangan), dan Andi Nurhaldin NH Sebagai Wakil Ketua 3 (Golkar). (Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Comments

Trending