Ini Alasan Jokowi Angkat Prabowo Jadi Menhan - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Ini Alasan Jokowi Angkat Prabowo Jadi Menhan

Published

on

Makassartoday.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan alasan mengapa mengajak Gerindra gabung dalam Kabinet Indonesia Maju dan memilih Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Hal ini disampaikan saat berdiskusi dengan wartawan di Istana Kepresidenan, Kamis (24/10/2019).

Jokowi mengatakan, pelibatan Partai Gerindra dalam Kabinet Indonesia Maju, tidak lain untuk mewujudkan demokrasi gotong royong. Dia mengaku, demokrasi di Indonesia berbeda dengan luar negeri. Begitu juga dengan oposisi, yang tidak dikenal dalam sistem politik Indonesia.

“Ya kita ini ingin membangun sebuah demokrasi gotong royong. Jadi perlu saya sampaikan Indonesia ini tidak ada oposisi seperti di negara lain, demokrasi kita adalah demokrasi gotong royong,” kata Jokowi.

Selain Prabowo, kader Gerindra lainnya yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju adalah Edhy Prabowo. Dia ditunjuk menjadi menteri Kelautan dan Perikanan.

Jokowi menjelaskan, sistem presidensial Indonesia berbeda dengan luar negeri, yang terpusat pada dua partai besar. Dia mengatakan, akan melakukan sesuatu yang sifatnya baik untuk negara dan bangsa.

“Kalau (Gerindra masuk kabinet) itu baik untuk negara, baik untuk bangsa, kenapa tidak? Dan memang sistem presidensial yang kita miliki ini tidak seperti di luar yah, hanya ada dua partai besar, ini tidak. Meski hanya ada dua partai yang berkompetisi tetapi partainya banyak dan menuju sebuah proses demokrasi dalam bernegara ke depan,” tuturnya.

Dengan masuknya Gerindra dalam kabinet, Jokowi menuturkan, dapat mematangkan demokrasi Indonesia. “Saya kira proses-proses kematangan, proses berdemokrasi semuanya dalam proses, tetapi saya melihat itu menuju sebuah koridor yang semakin baik ke depan,” ujarnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, alasan menunjuk Prabowo menjadi menhan karena pengalamannya di bidang pertahanan. “Ya memang pengalaman beliau (Prabowo) kok, pengalaman besar beliau ada di situ (menteri pertahanan),” kata Jokowi. (*)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending