Ayah Hasbar Bersikukuh Putranya Meninggal Akibat Gizi Buruk - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Ayah Hasbar Bersikukuh Putranya Meninggal Akibat Gizi Buruk

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Seorang anak bernama Muhammad Hasbar (6) di Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini meninggal dunia di rumahnya, Senin (28/10/2019) sekitar pukul 18.30 wita.

Menurut ayah almarhum, Basir (29) anaknya meninggal dunia akibat mengalami gizi buruk.

“Lumpuh layu (polio) dan guzi buruk katanya dokter,” kata Basri saat ditemui di rumah duka, Selasa (29/10/2019).

Almarhum Hasbar disebut sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya, namun terkendala alat dan fasilitas. Almarhum lantas dirujuk ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS).

Namun saat Hasbar dibawah ke RSWS, ia ditolak dikarenakan Kartu Indonesian Sehat (KIS) yang ia miliki belum aktif dan belum bisa digunakan.

“Dirujuk ke Wahidin terus Wahidin bilang mana KIS-nya, pas dikasi KIS almarhum untuk dimasukan di BPJS, katanya belum aktif terpaksa dipulangkan itu hari dan dirawat di rumah sampai meninggal, nda sampai satu hari,” ungakap ayah almarhum.

alterntif text

Saat reporter Makassartoday.com coba konfirmasih ke Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin hanya menjawab jika ia masih sibuk.

“Iya, tidak kedengaran, saya lagi ada kegiatan,” kata Naisyah saat di coba di hubungi lewat via telpon.

Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan jika pihaknya memastikan bahwa masyarakat yang kena penyandang masalah kesejahteraan sosial atau keluarga penerima manfaat dipastikan masuk dalam Basis Data Terpadu.

“Untuk memastikan masyarakat mendapatkan KIS, seperti yang didapatkan bayi yang meninggal ini. Dan ini sebagai dasar pelayanan kesehatan di rumah sakit,” ungkapnya saat di Konfirmasi.

Mukhtar menyarankan agar sebaiknya menghubungi call center 112 apabila terjadi kejadian yang sifatnya urgen yang ada disetiap kecamatan.

Almarhumah Hasbar dibawa ke Bontoramba, Pa’bundukan, Takalar untuk dimakamkan sekitar pukul 01.00 wita, siang tadi. (Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending