Begini Nilai Dana Yang Dihabiskan Dewan Makassar Selama Masa Reses | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Begini Nilai Dana Yang Dihabiskan Dewan Makassar Selama Masa Reses

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Menjelang masa sidang I Tahun 2020, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar menggelar reses dimana tiap anggota Dewan mendatangi konstituen di daerah pemilihannya (dapil) masing-masing.

Masa reses anggota DPRD Makassar ini dijadwalkan akan berlangsung selama enam hari kedepan terhitung sejak tanggal 4 hingga 9 November 2019 mendatang.

“Dari hari Senin sampai Sabtu,” kata Kabag Humas DPRD Makassar, Taufiq Nasdir ditanyai, Rabu (6/11/2019).

Tiap anggota Dewan yang melakukan kegiatan reses itu dibekali masing-masing dana fantastis. Tiap lokasi kegiatan itu di anggarkan sebanyak Rp7 juta.

“Setiap satu lokasi kegiatan reses itu kan harus sewa tenda, meja, kursi, nasi dos, soundsystem dan publikasi. Tapi anggaran itu tidak mesti di habiskan semua. Kalau ada yang tidak perlu disewa itu tidak pakai anggaranji,” pungkasnya. 

alterntif text

Jadi tiap tahunya dimana masa reses itu ada tiga kali, tiap anggota Dewan itu mendapat jatah Rp 42 juta (satu orang) untuk digunakan. Jika dikali 50 jumlah anggota DPRD Makassar, maka total jumlah anggaran reses keseluruhan mencapai angka Rp2,1 Miliar pertahunya.

“Tapi yang terpakai cuma 49 saja karena satu orang (Rahmat Taqwa Qurais) belum dilantik karena tersandung masalah hukum,” ucap Taufiq.

Sebelumnya, wakil Ketua III DPRD Makassar, Andi Nurhaldin memilih kelurahan Bangkala sebagai lokasi reses pertama. Dalam pertemuanya dengan masyarakat ia menerima sejumlah keluhan warga salah satunya adalah fasilitas pendidikan (beasiswa).

“Itulah manfaat dari reses ini, kita bisa tahu apa yang dibutuhkan masyarakat sebelum melakukan pembahasan anggaran. Jadi nanti program-program di pokok tepat sasaran,” pungkasnya. (Isak Pasa’buan)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending