Tanamkan Jiwa Bersih, Kepsek SPMN 23 Makassar Ajak Siswa Pungut Sampah - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Tanamkan Jiwa Bersih, Kepsek SPMN 23 Makassar Ajak Siswa Pungut Sampah

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Menanamkan prinsip kebersihan sebagian dari iman terhadap siswa-siswinya. Hal ini yang mengantarkan SMPN 23 Makassar, Jalan Paccinang Raya No. 35, Tello Baru, Kecamatan Panakkukang, menjuarai lomba kebersihan tingkat kota.

Kepala Sekolah SMPN 23 Makassar, Sarlina menyebutkan, bagi warga sekolah kebersihan sudah menjadi budaya. Setiap harinya, dirinya selalu bersama guru dan murid, mulai menyapu hingga memungut sampah.

“Jadi buka saat ada penilaian saja kita membersihkan tiap hari kita lakukan, jadi kebersihan bukan sekedar pencitraan saja tapi juga sebuah pembiasaan bagi seluruh stakeholder,” ujar Sarlina, ketika ditemui diruangan kerjanya.

Dia mengatakan lebih lanjut, semua kompak dalam menjaga kebersihan sekolah, terlebih lagi, banguna SMPN 23 Makassar tak begitu luas. Sehingga kebersihan menjadi prioritas utamanya, bila berada dilingkungan sekolah.

Ia menambahkan, jika lingkup sekolah tak bersih, pastilah kegiatan tidak bejalan lancar. Dirinya mengungkapkan, sejak tahun 1988 menjadi bagian dari SMPN 23 Makassar telah digaungkan bahwa bersih itu indah.

“Coba kalau kotor luas cuma 1700 meter, pasti sulit, tapi kalau bersih anak-anak bisa berdiskusi dimana saja, dan kapan saja jadikan enak,” tuturnya.

Kendati begitu, setiap Jumat ada pula kegiatan Jumat bersih, meski kegiatan bersih-bersih dilakukan hampir setiap harinya. Karena kebersihannya tidak heran SMPN 23 Makassar menjadi daerah percontohan, untuk kebersihannya.

Di akhir Sarlina menyampaikan, program kebersihan itu sejalan dengan visi misi di sekolah tersebut. Yang dimana tanggung jawab, agamais, nasionalis, gigih, gotong royong dan unggul, disingkat tangguh.

(Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending