KPPI Sulsel Siap Target 40 Persen Keterwakilan Perempuan 2024 | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

KPPI Sulsel Siap Target 40 Persen Keterwakilan Perempuan 2024

Published

on

Makassartoday.com, Jakarta – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kaukus Permpuan Politik Indonesia (KPPI) Sulsel ikut serta dalam rapat kerja nasional (Rakernas) KPPI dilaksanakan pada 28-30 November 2019 di Jakarta.

Dalam rakernas tersebut, KPPI Sulsel
memaparkan progres tingkat keterwakilan politisi perempuan pada Pemilu 2019 lalu.

Sekretaris DPD KPPI Sulsel, Shinta Mashita Molina mengklaim 28 persen perolehan kursi di parlemen berhasil ditempati politisi perempuan.

“Ada kenaikan partisipasi perempuan di Pemilu 2019. Untuk Sulsel, parlemen tingkat provinsi dan kabupaten/kota ditempati 28 persen politisi perempuan, bahkan untuk DPRD Provinsi Sulsel diketuai oleh politisi perempuan,” papar Legislator Makassar tiga periode itu.

DPD KPPI Sulel dalam rakernas tahun ini membawa delegasi 15 orang. Selain memaparkan tingkat partisipasi di Pemilu 2019, Shinta juga menyampaikan persoalan yang dihadapi politisi perempuan Partai Gerindra, Misriani Ilyas, yang batal dilantik tanpa alasan yang jelas.

alterntif text

“Beliau (Misriani) mengaku batal dilantik namun tanpa alasan yang jelas. Tentu ini akan menjadi perhatian kita juga agar kedepan hak-hak politisi perempuan yang terjun di politik tetap bisa terjaga dengan baik,” sambung Shinta.

Rakernas ini juga diisi diskusi pembekalan untuk perempuan politik oleh Kemenko PMK dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak serta dari Perludem.

Setelah diskusi publik, acara pembukaan dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB dan dibuka oleh Mentri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziah.

Setelah acara pembukaan dilaksanakan penyerahan KPPI Award kepada Anggota Dewan Pendiri dan Pengurus KPPI, yang salah seorang penerima award adalah Hj. Aliyah Mustika Ilham, SE, politisi perempuan Sulsel yang juga Wakil Ketua Pengurus KPPI Pusat.

Adapun hasil rakernas memutuskan perempuan politik agar sejak sekarang dapat memastikan target 40 persen keterwakilan perempuan di parlemen pada 2024 mendatang.

“Untuk KPPI Sulsel kita siap target 40 persen itu,” pungkas Shinta.

(**)

BAGIKAN:
Comments

Trending