PAD Makassar Turun, Dewan Soroti Optimalisasi Pajak Miras | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

PAD Makassar Turun, Dewan Soroti Optimalisasi Pajak Miras

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Lembaga DPRD Makassar melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menyoroti pungutan pajak dan retribusi yang dinilai mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2019.

Mayoritas anggota Dewan yang tergabung dalam Bapemperda memfokuskan sorotan pada sejumlah objek pajak yang sedianya dapat dioptimalisasikan untuk mendongkrak PAD Makassar, salah satunya pajak minuman keras (miras).

Sorotan itu mengemuka saat Bapemperda DPRD Makassar menggelar rapat kerja dengan Bagian Hukum Pemkot Makassar, Senin (2/12/2019).

“Banyak perda yang perlu direvisi, terutama terkait reteibusi daerah sebagai upaya peningkatan PAD Makassar,” ujar Koordinator Bapemperda, Erick Horas.

Anggota Bapemperda, Fasruddin Rusli dalam rapat itu meminta pengawasan terhadap penjualan miras diperketat.
Menurutnya, ada beberapa kafe yang tidak mengantongi izin malah ditemukan menjual produk miras.

alterntif text

“Pengawasannya penjualan miras harus ditingkatkan, karena salah satu potensi pajak terbesar bersumber dari pajak miras. Tapi fakta di lapangan beberapa cafe malah menjual miras dengan bebas tanpa mengantongi izin,” tegas legislator PPP itu.

Senada dengan Fasruddin, anggota Bapemperda dari Fraksi Demokrat, Abdi Asmara juga menekankan agar Pemkot Makassar mengoptimalkan pemasukan dari pajak miras.

“Izin penjualan miras ini harus dilihat kembali. Potensinya sangat besar dan harusnya mendongkrak PAD kita,” sorot Abdi.

Tak hanya pajak miras, Abdi juga menekankan optimalisasi retribusi pada Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Trayek dan Pajak Reklame, yang diduga masih banyak kebocoran.

Menanggapi sorotan Dewan Kepala Bagian Hukum Pemkot Makassar, Umar, SH mengaku siap mendorong sejumlah rancangan perda yang berorientasi pada eningkatan PAD Kota Makassar.

“Kami akan mengajukan revisi sejumlah perda agar bisa meningkatkan PAD,” ucap Umar.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Comments

Trending