Laporan Gangguan Tawon di Makassar Meningkat | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Laporan Gangguan Tawon di Makassar Meningkat

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar membenarkan adanya peningkatan jumlah aduan gangguan sarang tawon di sejumlah wilayah di kota Makassar.

Wakil Komandan Platon 3 Tim Animal Recue Damkar Makassar, Ramli Nur bahkan mengaku hampir setiap hari pihaknya menerima aduan.

Ramli tak menampik jika peningkatan jumlah aduan masyarakat tak lepas dari kasus teror Tawon Vespa Affinis atau Tawon Ndas di beberapa wilayah Jawa Tengah yang menyebabkan beberapa warga meninggal dunia

“Betul mau dibilang tiap hari ada laporan yang masuk. Itu juga karena ada kasus di beerapa wilayah, karena Tawon Vespa sangat membahayakan,” ucapnya, Jumat (6/12/2019).

Tercatat bahkan hari ini, pihaknya menerina lima laporan kasus gangguan tawon, masing-masing di Jalan Syehk Yusuf, Jalan Barawaja, Jalan Pacinong Raya, Jalan Urip Sumoharjo dan
Kompkeks Taman Makassar Indah.

“Hari ini ada lima laporan dan sementara tengah kita tangani,” sambungnya.

Adapun penanganan tawon sejauh ini, kata Ramli, masih banyak dilakukan dengan cara evakuasi. Namun beberapa sarang lebah yang terindentifikasi membahayakan ditangani dengan dengan cara dibakar.

Para petugas dilengkapi dengan pakaian anti api saat proses memindahkan sarang tawon yang ada di dekat pemukiman penduduk. Kebanyakan penanganan sarang tawon dilakukan malam hari.

alterntif text

“Kita lihat kondisi di lapangan. Kalau membahayakan kita gunakan cara pembakaran,” ucapnya.

Sejauh ini, belum ada laporan resmi terkait kasus serangan tawon yang menyebabkan warga kritis atau meninggal dunia di kota Makassar.

Sekedar diketahui, vespa affinis disebut juga lesser banded hornet oleh para ilmuwan, karena perutnya ada lingkaran kuning hitam. Nama lokalnya adalah Tawon Ndas Tawon ini umum ada di kawasan tropis dan subtropis Asia, dari Sri Lanka, Hong Kong, Taiwan, Indonesia sampai Filipina. Ada 11 subspesies, yang di Indonesia ada Vespa affinis indosinensis dan Vespa affinis moluccana.

Ratunya berukuran 3 cm, pejantannya 2,6 cm dan pekerjanya berukuran 2,2-2,5 cm. Saat ratu tawon membuat koloni baru, akan terbentuk sarang baru untuk menampung larva. Satu koloni bisa lebih dari satu ratu sehingga terus bertambah. Sarang mereka berbentuk oval seperti buah menggantung.

Tawon ini punya habitat di hutan dataran rendah. Namun hutan makin berkurang karena pembangunan oleh manusia. Akibatnya tawon Vespa membuat sarang di atap rumah-rumah dan hidup terlalu dekat dengan manusia. Risiko disengat pun menjadi meningkat. Karena hewan sosial, tawon Vespa juga bisa menyerang berkelompok.

(**)

BAGIKAN:
Comments

Trending