Amien Rais Sindir Tokoh PAN Yang Dukung Jokowi Tanpa Syarat - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Amien Rais Sindir Tokoh PAN Yang Dukung Jokowi Tanpa Syarat

Published

on

Makssartoday.com, Jakarta – Amien tidak menyebut siapa tokoh atau elit yang ia maksud. Namun tokoh itu adalah, yang mengatakan “mendukung tanpa syarat”. “Aku dukung tanpa syarat. Saya menangis,” lanjutnya disambut tepuk tangan riuh. 

Jika dijelaskan dengan konteks pascapilpres, maka dugaannya adalah terkait dukungan petinggi PAN ke pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Memang pascapemerintahan baru 2019-2024 terbentuk, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas, sempat menyatakan dukungan tanpa syarat ke pemerintahan kedua Jokowi. 

“Nabi Muhammad kita dukung tanpa syarat iya. Tapi kalau manusia seperti saya dan Anda masa tanpa syarat. Ini akan saya perbincangkan nanti di dalam sidang,” kata Amien di Rakernas V PAN di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Dalam catatan pemberitaan, Zulhas memang sempat mengutarakan dukungan tanpa syarat ke Jokowi setelah memenangi Pilpres 2019. Itu diucapkan Zulhas, saat penganugerahan tanda jasa di Istana Negara, Jakarta, Kamis 15 Agustus 2019.

“Kita pokoknya mendukung Pak Jokowi,” kata Zulkifli.

“Enggak ada syarat-syarat, enggak minta apa-apa,” lanjutnya. 

Sementara, Zulhas meminta strategi partai ke depan untuk dirumuskan lebih baik. Jualan agama, menurutnya, bukan cara yang baik. Terbukti PAN justru terseok-seok di papan bawah.Dalam pemilu nasional, PAN hanya mendapat urutan ke-8. Kursi DPR pun tak sesuai target, hanya 44 dari 60 yang ditargetkan. Beberapa daerah, kursi PAN hilang seperti di Jawa Tengah.

alterntif text

Zulkifli mengatakan, di Jawa Tengah yang sebelumnya 8 kursi, tapi pada pemilu legislatif 2019 tidak dapat sama sekali. Dia mengatakan jualan surga dan neraka tidak ampuh maka harus ditinggalkan.

“Perlu kita evaluasi lagi. Perlu pragmatis dalam artian yang positif. Jual surga dan neraka nggak diterima lagi. Ini yang perlu kita diskusikan panjang,” kata Zulkifli dalam pembukaan Rakernas V PAN.

PAN yang pada pemilu legislatif lalu saja, kata Zulkifli, harus menduduki urutan ke 8. Sementara yang tidak jualan surga neraka, mampu berada di urutan atas 4-5.
Zulkifli melihat perkembangan ke depan adalah bukan lagi soal surga dan neraka. Tetapi mengenai kerja nyata para kader PAN yang itu bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Apa yang kita perjuangkan dan dirasakan mereka itu yang kita perlukan, ketimbang slogan oposisi atau tidak opisisi. Itu pendapat saya. Substansi,” katanya.

Dalam pemilu lalu, lanjut Zulkifli, ada yang disebut-sebut sebagai partai penista agama. Tetapi justru posisinya jauh di atas melampaui suara PAN.

“Ada teman kita partai satu, sahabat kita, yang kadang-kadang juga disebut penista agama. Tapi karena dia buat sesuatu misalnya walaupun kita tentang pada waktu itu ada beberapa poin, melahirkan UU Pesantren, suaranya naik,” sebutnya.

(Sumber: VIVAnews)

 

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending