Beda Perusda Dan Perseroda, Ini Penjelasan DPRD Makassar - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Beda Perusda dan Perseroda, Ini Penjelasan DPRD Makassar

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar resmi merubah status tiga Perusahaan Paerah (Perusda) Makassar menjadi Perseroan Daerah (Perseroda). Perubahan status itu disebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 tahun 2016.

“Sesuai dengan PP 54 tahun 2016 yang mewajibkan seluruh BUMD di kabupaten/Kota dan provinsi berubah,” kata Ketua Komisi B bidang Ekonomi dan Pembangunan DPRD Makassar, William Lauren saat di hubungi lewat via telpon. Selasa (10/12/2019).

William menjelasakan, dalam perubahan ini terdapat dua pilihan, yang pertama Perusaan Umum Milik Daerah (Perumda) dimana semua aset atau kepemilikannya diusung oleh pemerintah daerah.

Sedangkan Perseroda sendiri terdapat saham yang dapat diilepas ke publik (swasta), namun kepemilikan saham terbesarnya tetap di pemerintah kota.

“Jadi sudah wajib nanti tinggal pemerintah apakah perusda atau perseroda, cuman kalau perseroda itu kepala daerah itu pemilik saham terbesar 51 persen minimal kalau perumda langsung milik aset daerah,” jelas William.

alterntif text

Adapun ketiga perusda yang akan berganti status yaitu PD Pasar, PD Parkir, dengan RPH. Sementara untuk PD Terminal Makasar untuk saat ini, kata William belum dimasukkan kedalam rancangan perda mengingat masih ada sejumlah permaslahan.

“Semua nanti kita akan bicarakan cuman terminal ini masih ada permasalahan-permasalahan, saya degar juga kemarin seperti di Terminal Mallengkeri menurut informasi itu diambil oleh Pemerintah Provinsi. Kita harus duduk bersama dulu cuman kan yang kemarin yang kita siap naska akademiknya itu PD Parkir degan PD Pasar,” terangnya.

Dari informasi yang dihimpun Makassartoday.com terminal Regional Daya Makassar sendiri juga berstatus yang sama, dimana saat ini masih ada pihak ketiga (Kalla Inti Karsa) yang terlibat didalamnya sehingga pemerintah belum bisa mengambil alih sepenuhnya.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending