Kronologi Tewasnya Siswa MTs di Sungai Jeneberang | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Kronologi Tewasnya Siswa MTs di Sungai Jeneberang

Published

on

Makassartoday.com, Gowa – Seorang siswa MTs Sunguminasa, bernama Muh Ibnu Zakih (13), alamat Jalan Andi Tonro, Makassar, tewas tenggelam di Sungai Jeneberang, Lingkungan Bonto Baddo, Kelurahan Bontoramba, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel, Kamis (12/12/2019), sekitar pukul 14.00 Wita.

Peristiwa ini bermula saat korban bersama bersama guru dan teman – teman sekolahnya menghadiri acara pernikahan adik dari seorang guru taknjauh dari lokasi tenggelamnya korban.

Setelah menyantap makanan di acara hajatan itu, korban bersama dengan temannya menuju ke bantaran Sungai Jeneberang yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi pesta, untuk bermain sambil menaiki rakit bambu yang ada di pinggir sungai.

Pada saat korban di bibir sungai, saksi WIildan Ramdan yang kebetulan ada di dekat lokasi sempat melarang korban menaiki rakit, namun larangan itu tidak dihiraukan korban dan teman-temannya. Mereka kemudian membuka baju dan celana sekolah kemudian naik ke atas rakit tersebut.

“Rakit yang dinaiki korban terdayung sejauh 2 meter dari bibir sungai, kemudian hilang keseimbangan sehingga mengakibatkan korban bersama dengan teman-temannya yang berjumlah tujuh orang masing, terjatuh ke sungai termasuk korban,” jelas Kasubag Polres Gowa, AKP M Tambunan.

alterntif text

Saksi Wildan yang melihat kejadian tersebut, langsung melompat ke sungai dan menolong sebagian teman korban. Namun saksi tak berdaya karena banyaknya korban yang terjatuh dan tidak sempat lagi menolong korban.

“Saksi saat itu fokus menolong siswa perempuan dan hanya berhasil mengevakuasi tiga orang. Kemudian saksi kembali mencari korban bersama dengan dua orang temannya dan menemukan korban dalam kondisi sudah tak sadarkan diri sekitar 2 meter di bawah semak eceng gondok,” ucap Tambunan mengutip keterangan saksi.

Korban juga sempat mendapatkan pertolongan pertama setelah dibawa menuju bibir sungai sebelum dilarikan ke Rumah Sakit Syekh Yusuf, namun nyawa korban tak tertolong lagi.

Anggota Polsek Somba Opu setelah mendengar informasi tersebut langsung mendatangi TKP dan melakukan pengecekan terhadap mayat korban di RS Syekh Yusuf.

Pihak kepolisian kemudian mengambil langkah-langkah, diantaranya pemeriksaan saksi serta menghubungi pihak keluarga koban. Adapun hasil pemeriksaan bahwa korban meninggal dunia diduga tenggelam lantaran tidak tahu berenang.

(Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Comments

Trending