Kanal Dipenuhi Eceng Gondok, Dinas PU Makassar : Kewenangan Balai Pusat - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Kanal Dipenuhi Eceng Gondok, Dinas PU Makassar : Kewenangan Balai Pusat

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Eceng gondok penuhi permukaan kanal di Makasaar menuai banyak sorotan warga. Mereka menilai, kondisi kanal dipenuhi eceng gondok bisa memicu banjir.

Foto penampakan kanal dipenuhi eceng gondok diposting oleh akun Instagram @info_kejadian_makassar, Jumat (03/02/2020).

Dalam caption foto yang dikirim nettizen disebutkan bahwa kondisi kanal dipenuhi eceng gondok berada di wilayah Borong, Kecamatan Panakkukang.

“Tlong pemerintah setempat (kec Panakukang Makassar) Tlong tindakax ini sdh berbulan2 “eceng gondok” (capo-capo) tdk ada tindakan dan ini sdh dan musim hujan bnyak hal bsa terjadi binatang sprti biawak/ular kpan sj bisa masuk ke pemukiman warga, krn air kanal bberapa “cm” lg sdh naik kejalanan.. Apa harus tunggu banjir dulu baru ada tindakan????,” tulisnya.

Dalam foto yang diunggah eceng gondok tampak tumbuh begitu lebat, nyaris air kanal di Kanal Borong mulai tak terlihat akibat dipenuhi tumbuhan air mengapung itu.

alterntif text

Dalam unggah foto itu, salah satu akun milik Thahirrasyid02 yang diduga milik salah satu pegawai Kecamatan Panakkukang mengomentari postingan foto tersebut.

“Bismillah… Menindaklajuti pengaduan warga tentang Eceng Gondok kami pihak pemerintah panakukang telah melakukan persuratan kepada pihak yang berwenag dan berkuasa atas aset kanal dan pemeliharaan kanal yaitu Balai Besar Irigasi Pompengan sejak tanggal 28 Agustus 2019 dan telah di perlihatkan diposisinya di agendakan…Dan Pihak Balai telah melakukan pengerukan Eceng Gondok di mulai dari bagian hulu kecamatan manggala disekitar waduk tunggu Pampang…Mohon doanya agar pelaksanaan pengerukan Eceng gondok berjalan lancar,” tulisnya dalam kolom komentar.

Saat dikonfirmasi ke Humas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Hamka Darwis mengatakan hal yang sama. Hamka menyebut pihaknya tidak punya kewenangan dalam melakukan normalisasi kanal yang dipenuhi eceng godok, karena itu masuk dalam wilayah kerja Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang.

“Kewenangan pihak Balai Pusat dek,” kata Hamka lewat pesan WhatsApp.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending