Peringatan Cuaca, 10 Daerah di Sulsel Berpotensi Hujan Lebat | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Peringatan Cuaca, 10 Daerah di Sulsel Berpotensi Hujan Lebat

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan prakiraan cuaca, Kamis (9/1/2020). Sebagian besar kabupaten/kota di Sulsel diperkirakan diguyur hujan.

Dalam rilisnya, BMKG Makassar memperkirakan pada pagi hari di seluruh wilayah Sulawesi Selatan terjadi hujan ringan. Potensi hujan sedang di wilayah Parepare, Belopa, dan Barru. Di wilayah Sengkang, Watampone, Sinjai, Masamba, Rantepao, Palopo, Malili, Makale diprediksi berawan.

Pada Siang/Sore Hari diprediksi masih terjadi hujan ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Potensi hujan sedang di wilayah Sinjai, Masamba, Rantepao, Palopo, Belopa, Malili, Makale, Parepare, Belopa, dan Barru. Di wilayah Sengkang, Watampone, Sinjai, Masamba, Rantepao, Palopo, Malili, Makale diprediksi berawan.

Pada malam hari, diprediksi akan terjadi hujan ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Potensi hujan sedang terjadi di wilayah Masamba, Pangkajene, Palopo, Belopa, Malili, dan Barru. Sedangkan di wilayah Sengkang, Watampone, Sinjai, Masamba, Rantepao, Palopo, Malili, Makale diprediksi berawan.

Sedangkan di wilayah Makassar, Gowa, Masamba, Belopa, dan Maros pada dini hari diprediksi berawan berpotensi hujan ringan. Hujan sedang diprediksi terjadi di wilayah Pinrang, dan Parepare. Serta hujan lebat di wilayah Pangkajene dan Barru.

alterntif text

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini hujan sedang hingga lebat disertai petir/angin kencang di wilayah Pinrang, Parepare, Barru, Pangkajene, Gowa, Maros, Masamba, Malili, Makale, dan Rantepao.

Sedangkan Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Pare-Pare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan barat Kep. Selayar, Perairan Sabalana, Perairan timur Kep. Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian utara, dan Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian selatan, Laut Flores bagian timur.

Sebelumnya, pada 7 Januari 2020 BMKG mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem terjadi pada 9-12 Januari 2020.

“Dalam 4 hari ke depan (9-12 Januari 2020), hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin lebat disertai angin kencang diperkirakan masih dapat berpotensi terjadi di Wilayah Sulawesi Selatan,” tulis BMKG melalui keterangan resminya (7/10/2020).

BMKG menghimbau agar masyarakat mewaspadai dampak yang akan ditimbulkan seperti banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, meluapnya area tambak budidaya, dan keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran.

(Erianto)

BAGIKAN:
Comments

Trending