Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

BISNIS

Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

Published

on

Makassartoday.com – Tabungan emas pegadaian adalah layanan jual beli emas dengan sistem penitipan. Harga jual dan harga beli mengikuti ketetapan yang dibuat pegadaian. Serupa dengan investasi emas, tetapi bentuknya tabungan. Prinsipnya sama seperti tabungan uang, saldo tabungan emas bisa dicairkan berupa uang. Saldo juga bisa ditransfer ke rekening tabungan emas yang lain.

Tabungan emas bisa dibuka dengan cara datang langsung ke kantor Pegadaian. Melengkapi syarat pembukaan tabungan seperti KTP, mengisi formulir pembukaan tabungan dan melakukan setoran awal. Tersedia juga aplikasi Pegadaian online yang memudahkan pembukaan tabungan emas secara online, lebih mudah, bisa dilakukan dimana saja. Dengan setoran awal yang lebih murah.

Kelebihan Tabungan Emas Pegadaian

Menurut situs Duwitmu.com, kelebihan tabungan emas adalah nasabah memiliki investasi emas dengan setoran yang murah sesuai kemampuan. Nilai setoran untuk tabungan emas minimal adalah 5.000 rupiah. Setiap uang yang disetor ke rekening tabungan akan langsung dikonversi menjadi nilai gram emas. Jadi langsung diketahui sudah berapa gram yang dimiliki dalam saldo tabungan.

Tabungan emas juga bisa dicairkan sewaktu-waktu, seperti tabungan uang di Bank pada umumnya. Nilai minimal yang bisa dicairkan adalah 1 gram. Dan bisa dicairkan dalam bentuk uang. Nasabah bisa memilih waktu yang tepat untuk mencairkan tabungan, misalnya ketika harga emas mengalami kenaikan. Jadi lebih menabung emas lebih cepat mendapat keuntungan.

Tabungan emas tidak dikenakan pajak dan biaya administrasi bulanan. Berbeda dengan tabungan uang di Bank. Jadi nasabah murni menabung untuk kepemilikan emas, tidak ada potongan pajak untuk berat dan nilai emas berapapun di tabungan. Sangat menguntungkan, berapapun uang yang nasabah setor ke tabungan emas akan didapatkan nilai saldo utuh.

alterntif text

Transaksi setoran untuk tabungan emas sangat mudah. Tidak perlu datang dan mengantre di Pegadaian untuk melakukan setoran. Nasabah bisa menabung dengan cara transfer melalui ATM atau internet Banking yang dimiliki. Beberapa Bank sudah bekerja sama dengan Pegadaian. Jadi bisa menggunakan layanan perbankan online untuk dapat terhubung dengan tabungan emas.

Tabungan emas lebih aman dibanding dengan memiliki emas batangan. Emas sangat rawan pencurian, menyimpannya di rumah akan sangat beresiko. Sedangkan untuk menyimpannya di Bank Anda harus membayar untuk menyewa safety deposit box. Harga sewanya tentu tidak murah karena persediaan safety deposit box sangat terbatas, dan tidak terdapat di semua cabang.

Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

Kekurangan dari tabungan emas adalah ada minimal nilai atau berat yang bisa dicairkan. Tabungan baru bisa dicairkan jika sudah mencapai minimal 1 gram. Tidak seperti tabungan uang yang bisa ditarik kapan saja melalui ATM. Jadi bagi nasabahn yang butuh uang mendadak tidak bisa mencairkan tabungannya jika belum mencapai saldo minimal.

Ada kurs beli dan kurs jual untuk emas. Jika nasabah menabung emas akan ada selisih antara nilai ketika menabung dan mencairkan. Seperti tabungan valuta asing jika dicairkan menjadi rupiah. Dan fasilitas tabungan emas belum bisa dilayani di semua kantor cabang Pegadaian. Nasabah harus mencari kantor Pegadaian penyedia layanan tabungan emas. Sehingga hal ini dinilai cukup merepotkan untuk mereka.

Dari uraian di atas kelebihan tabungan emas lebih banyak daripada kekurangannya. Ini menunjukkan bahwa tabungan dan investasi emas lebih menguntungkan, minim kerugian. Bagus untuk tujuan jangka panjang. Kelebihan ini memberikan gambaran bahwa tabungan emas pegadaian adalah pilihan investasi yang tepat.

(FL)

BAGIKAN:
Comments

Trending