Penipu Pengendara Modus Mengaku Polisi Dihadiahi 2 Butir Timah Panas - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Penipu Pengendara Modus Mengaku Polisi Dihadiahi 2 Butir Timah Panas

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Unit Jatanras Polrestabes Makassar mengamankan tersangka kasus tindak pidana pencurian, dor to dor, penipuan dan penggelapan dengan modus mengaku menjadi anggota polisi.

Tersangka diketahui bernama Lufti Tahjuddin (31), berstatus pengangguran, beralamat Jalan Inpeksi PAM, Lorong 1, Kecamatan Manggala, kota Makassar.

Lutfi berhasil diringkus pada Jumat (18/1/2020) lalu. Hasil intergoasi Lutfi mengaku terlibat aksi pencurian, dor to dor, penipuan dan penggelapan di 30 TKP wilayah Makassar.

“Ada 14 laporan polisi yang mendasari penangkapan tersangka. Dari 14 laporan itu tersangka mengaku beraksi di 30 lokasi,” jelas Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko, Senin (20/1/2020).

Setelah dilakukan penangkapan, Lutfi dibawa untuk proses pengembangan barang bukti lainnya, namun tersangka Lufti berusaha melarikan diri dan mencoba melompat dari kendaraan petugas dengan cara mendorong dan membenturkan kepala ke arah wajah petugas lalu melarikan diri.

“Tersangka melakukan perlawanan, kemudian dilakukan pengejaran dan memberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali namun tidak diindahkan oleh tersangka,” sambung Indratmoko.

alterntif text

Akibat ulahnya, Lutfi mendapatkan luka tembak pada betis sebelah kanan sebanyak dua kali dan harus mendapat perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar.

Indratmoko menambahkan, modus tersangka mengaku sebagai anggota polisi diantaranya terjadi di depan kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, depan Hotel Amaris, Jalan AP Pettarani, depan BTP dan pintu satu Unhas, Jalan Perintis Kemerdekaan.

“Tersangka dalam aksinya menggunakan rompi bertuliskan SWAT, lalu menahan pengguna jalan dan memeriksa kelengkapan surat-surat, dan apabila tidak lengkap lalu meminta sejumlah uang tebusan Rp200 sampai Rp300 ribu kepada korban. Tersangka juga berstatus residifis kasus pencurian,” jelas Indratmoko.

Selain meringkus Lutfi, pihaknya juga berhasil menyita barang bukti 1 unit motor Yamaha Mio 125 warna hitam biru, Nopol DD 5699 MB, 2 ponsel milik korban, 1 rompi hitam bertuliskan SWAT yang digunakan tersangka, 1 jaket warna hitam, 3 buah dompet,.1 lembar pakaian Korpri, 5 buku tabungan, 9 kartu ATM, 2 kartu SIM C, 8 kartu identitas KTP, 4 kartu Mahasiswa, 2 lembar Ijazah dan 1 lembar Kartu Keluarga.

Tak sampai di situ, Tim Jatanras juga mengamankan satu pria berinisal M.A atas tuduhan penadah hasil barang curian tersangka Lutfi. Kini Lutfi sudah mendekam di Rutan Mapolrestabes Makassar untuk menunggu proses hukum lebih lanjut.

(Askay Khan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending