Tinjau TPA Antang, Dewan Temukan Tumpukan Sampah di Lahan Warga | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Tinjau TPA Antang, Dewan Temukan Tumpukan Sampah di Lahan Warga

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Kota Makassar melakukan peninjauan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Antang atas laporan warga yang keberatan tanah miliknya digunakan pemerintah sebagai TPA.

Anggota Komisi A DPRD Makassar, Kasrudin mengatakan kunjungan tersebut adalah tindak lanjut dari laporan masyarakat sekitar TPA Antang atas lahannya yang telah dijadikan lokasi pembuangan sampah.

“Jadi kami turun tadi bertiga (Azwar ST dan Nasir Rurung) untuk memastikan apakah betul ada lahan warga yang ditumpuki oleh sampah. Ternyata betul,” ucapnya saat ditemui di ruang Komisi A DPRD Makassar, Senin (20/1/2020).

Namun kata Kasrudin, dalam waktu dekat pihaknya akan koordinasi degan pihak terkait, dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar guna mencari tahu bukti kepemilikan lahan tersebut. Terkait jangka waktunya sendiri disebut tergantung dari bukti-bukti yang diterimanya.

alterntif text

“Itulah yang mau kami lihat dulu alas hak-nya. Setelah itu kami akan kordinasikan degan pihak terkait karena memang sagat dirugikan yang punya lahan disana karena sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi karena sudah ditumpuki sampah,” tambahnya.

Melihat kondisi TPA Antang saat ini, Politisi Gerindra itu mengatakan sudah sagat over kapasitas. Untuk itu ia menyarankan agar Pemkot Makassar sesegera mungkin menyelesaikan masalah disana.

Maka dari itu, Kasrudin berharap agar pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) dipercepat. Atau kata dia, paling tidak Pemkot Makassar mengambil sikap untuk membuat lubang agar sampah di TPA Antang tidak menggunung.

“Solusi yang paling bagus itu yah itu, pembuatan PLTSa dan juga sebenarnya disana itu masih ada lahan yang bisa dimanfaatkan, bisa dibuatkan kubangan suapaya sampah tidak menggunung. Karena akibatnya itu kalau ada angin bauh ke rumag warga yang ada disitu. Itu akan kami pertayakan ke pemkot,” tutupnya.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Comments

Trending