Bagaimana Nasib Honorer? Begini Penjelasan Pj Wali Kota Makassar | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Bagaimana Nasib Honorer? Begini Penjelasan Pj Wali Kota Makassar

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Rencana pemerintah meghapus tenaga honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah diantisipasi sejak awal oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Pj Wali Kota Makassar, M Iqbal S Suhaeb mengatakan, nasib  8.862 orang tenaga honorer yang berada di lingkup Pemkot Makassar sudah mendapat solusinya sejak wacana aturan penghapusan pegawai honorer digulirkan.

“Kami sudah punya skenario-skenario (jalan keluar) . Misalnya kalau diberhentikan semua, atau setengah Kami sudah ada skenario soal itu. Kita membuat skenario, kalau kejadian begini, maka skenario ini yang akan kita gunakan,” kata Iqbal saat ditemui di Gedung Balai Kota Makassar, Rabu (22/01/2020).

Penghapusan itu mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 Pasal 8 mengenai larangan rekrutmen tenaga honorer.

alterntif text

Maka dari itu Iqbal tidak dapat memberikan keputusan setuju atau tidaknya dengan rencana penghapusan tenaga honorer. Pasalnya, pemerintah kota tidak memiliki hak akan hal tersebut.

“Bukan soal setuju tidak setuju. Pemerintah daerah itu mengikuti (pemerintah pusat). Kami berada bukan dalam posisi setuju atau tidak setuju, kecuali kami punya hak suara, kami bisa katakan setuju atau tidak setuju,” terangnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali (ARA) mengatakan jika pengurangan tenaga honorer itu telah dilakukan sejak dari awal dimana sebelumnya sekitar 400 orang tenaga honorer dihapuskan karena tidak lagi efektif.

Ia menyarankan jika ada penghapusan secara keseluruhan, tenaga honorer sifatnya jadi pekerja outsourcing saja.

“Kalau itu memang diadakan karena belum ada juga aturan yang pasti terkait itu. Jadi kita memang hanya butuh tenaga honorer yang efektiflah,” ungkap Politisi Demokrat itu.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Comments

Trending