Gandeng ADB, Disnaker Makassar Optimis Tekan Pengengguran Hingga 2 Persen | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Gandeng ADB, Disnaker Makassar Optimis Tekan Pengengguran Hingga 2 Persen

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Melalui kegiatan Employers Forum Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kota Makassar yang bekerja sama degan Asian Development Bank (ADB) disebut akan mampuh mengurangi angka pengangguran di Kota Makassar hingg 2 persen.

Kegiatan yang dihadiri oleh Technical Lead Jobstart Indonesia, Steven Smit, Technical Lead ELLN Indonesia, Joe Wegner, Perwakilan Ditjen Pajak Kementrian Keuangan dan Perwakilan Apindo serta puluhan perwakilan perusahaan yang berada di Kota Makassar ini berlangsung di Hotel Horison Utima Makassar, Kamis (13/2/2020).

Kepala Disnaker Kota Makassar, Irwan Bangsawan mengatakan, kegiatan ini kali pertama digelar, dimana akan dilakukan sosialisasi dan komunikasi dengan perusahaan-perusahaan untuk nantinya dilakukan pendataan.

“Nantinya program ini dilaksanakan pendataan, menunjuk orang yang mau bekerja, pelatihan dulu baru pendidikan life skills, mensertifikasi mereka secara Internasional,” kata Irwan saat diwawancara.

alterntif text

Irwan menambahkan, program pertama akan melakukan pendataan pencari kerja, dan pelatihan lalu kemudian pencari kerja tersebut akan diberikan sertifikasi, keahlian dan akan terakreditasi.

Selain itu para pekerja itu nantinya akan dimagangkan di perusahaan-perusahaan. Kemudian kedua ada meningkatkan karyawannya dengan memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan untuk meningkatkan produktifitas karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

“Kita lihat dulu perusahaan yang ada di sini, proyeksi kita pariwisata, agro industri, agro bisnis. Itu kita utamakan dulu. Setelah itu kita lihat apa kebutuhan perusahaan tersebut. Jangan sampai kita pelatihan tapi bukan kebutuhan perusahaan, jadi kita komunikasi,” terangnya.

Sebelumnya, Irwan mengatakan telah melakukan sosialisasi ke beberapa SMK dan kampus-kampus yang ada di kota Makassar.

Pembinaan Disnaker Kota Makassar sendiri nantinya hanya akan menyiapkan peserta sementara EDB sendiri posisinya akan menjadi donatur.

“Harus dipenuhi oleh para pencari pekerja kita siapkan kemampuan dan dokumen penting seperti ijazah, dan data diri,” tutupnya.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Comments

Trending