Meski Dapat Penolakan, Mantan Napi Narkoba Tetap Dilantik Anggota DPRD Makassar - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Meski dapat Penolakan, Mantan Napi Narkoba Tetap Dilantik Anggota DPRD Makassar

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Caleg terpilih dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rahmat Taqwa Quraisy (RTQ), menjalani prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah menjadi anggota DPRD DPRD Makassar periode 2019-2024.

Rapat paripurna istimewa yang digelar gedung DPRD Kota Makassar, Jalan AP Pettarani, Jumat (14/2/2020) pagi tadi diwarnai aksi unjuk rasa puluhan massa yang tergabung dalam Gema Garda Nusantara (GEMA GN).

Usai dilantik, mantan narapidana kasus kepemilikan narkoba dari daerah pemilihan (Dapil) II, Kecamatan Tallo, Ujungtanah, Wajo, Bontoala dan Sangkarrang itu langsung dikawal Angkatan Mudah Kabah (AMK) PPP keluar dari Ruangan Paripurna menuju pelataran parkir.

RTQ dikejar awak media hingga ke mobilnya, enggan berkomentar dan mengabaikan sejumlah wartawan yang mencoba untuk mewawancarainya.

“Tidak ada dulu wawancara, RTQ no comment,” kata salah satu anggota AMK PPP yang ikut mengawal RTQ hingga ke mobil.

Sementara di depan pagar pintu masuk gedung DPRD Makassar sendiri, puluhan demonstran melakukan aksi unjuk rasa menolak RTQ untuk dilantik menjadi anggota DPRD Makassar.

Mereka menuding RTQ tidak layak menjadi wakil rakyat dimana ia terbukti positif menggunakan narkoba. Yang seharusnya memberikan contoh dan edukasi yang baik.

“Menolak Pelantikan Terhadap RTQ Yang Telah Terpidana Kasus NARKOBA,” tulis dalam pernyataan sikap GEMA.

Pelantikan dan pengambilan sumpah RTQ sendiri dipimpin langsung oleh ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo, sementara pengambilan sumpah dilakukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Makassar, Agus Rusianto dan disaksikan langsung oleh Pj Wali Kota Makassar, M Iqbal S Suhaeb.

Selain itu, Wakil Ketua I DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali, Wakil Ketua II l, Andi Suhada Sappaile, dan Wakil Ketua III, Andi Nurhaldin Nurdin juga ikut hadir menyaksikan.

Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo mengatakan jika pelantikan RTQ dilakukan atas dasar surat dari PPP dimana setelah dilakukan telaah oleh anggota DPRD Makassar bersama bagian Hukum dan menghasilkan keputusan bahwa RTQ memang punya hak secara konstitusional yang harus dilaksanakan yaitu pelantikan.

“Karena dia sudah mengantongi surat keputusan (SK) dari Gubernur, SK sebagai anggota DPRD, hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar. Karena secara Hukum dia harus dilantik maka DPRD harus menyikapinya degan hari ini dilakukan pengambilan sumpah jabatan saudara Rahmat Taqwa Quraisy,” jelas Rudianto Lallo usai pelantikan.

RTQ sebelumnya tak dilantik bersama degan 49 orang anggota DPRD lainnya karena tersandung kasus hukum. Ia ditahan tim penyidik Satuan Reserse Kriminal Narkoba (Satresnarkoba) Polrestabes Makassar karena terlibat narkoba.

RTQ dibekuk di rumahnya, Jalan Barukang, Makassar, Selasa (20/8/2019) oleh tim Satresnarkoba Polrestabes Makassar. Dimana dalam rasia tersebut ditemukan bukti, alat hisap sabu (bong) botol kaca, dua paket narkoba jenis sabu dan dua linting tembakau sintetis.

Namun dalam proses hukumnya, RTQ divonis rehab 9 bulan oleh tim hakim saat sidang agenda putusan di Pengadilan Negeri (PN) Kota Makassar, Jalan RA Kartini karena terbukti hanya sebagai pengguna.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending