Besok, KPU Makassar Mulai Terima Syarat Dukungan Perseorangan - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

NEWS

Besok, KPU Makassar Mulai Terima Syarat Dukungan Perseorangan

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar dijadwalkan mulai besok, Rabu 19 hingga 23 Februari 2020 menerima berkas syarat dukungan perseorangan calon wali kota. Kegiatan ini akan berlangsung di hotel Claro Makassar, Jalan Andi Pangeran Pettarani.

Dalam proses penyerahan dukungan tersebut, KPU Makassar terlebih dahulu menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder terkait penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar tahun 2020.

Rapat koordinasi itu bertujuan untuk mencegah potensi terjadinya konflik dan penyusunan produk-produk hukum KPU Makassar.

Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi mengatakan bahwa ada beberapa tahapan yang akan dikuti oleh bakal calon perseorangan yaitu tahapan penyerahan dan pengecekan syarat jumlah dukungan, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

alterntif text

“Calon perseorangan bisa melanjutkan ke tahap verifikasi setelah dilakukan pengecekan syarat dukungan dengan minimum 72.570 dukungan atau 10 persen dari jumlah DPT Tahun 2019,” jelas Farid saat ditemui di hotel Claro, Selasa (18/2/2020).

Tahap verifikasi administrasi, lanjutnya, yakni e-KTP yang dikumpulkan bakal calon dan dicocokkan dengan data NIK dan tanda tangan pada lembar dukungan.

Selanjutnya, verifikasi faktual degan cara pengecekan data secara langsung atau door to door dengan menggunakan metode sensus.

“Kami tidak lagi menggunakan metode sampling tapi kita menggunakan metode sensus, jadi kalau pasangan memberikan dukungan 100 ribu dukungan, maka KPU akan melakukan verifikasi data ke 100 ribu orang tersebut,” jelasnya.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending