Inspiratif, Ashraf Sinclair Pernah Bantu Pendanaan 500 Startup di Indonesia - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Selebritis

Inspiratif, Ashraf Sinclair Pernah Bantu Pendanaan 500 Startup di Indonesia

Published

on

Makassartoday.com, Jakarta – Semasa hidupnya, Ashraf Sinclair, Suami Bunga Citra Lestari (BCL) lebih dikenal sebagai aktor dan sukses di dunia hiburan. Namun siapa sangka, bahwa ia merupakan angel investor bagi perusahaan-perusahaan startup.

Mengutip crunchbase.com, (18/2/2020), Ashraf tercatat sebagai venture partner. Dia diketahui bergabung dengan modal ventura asal Amerika Serikat, 500 Startups pada 2017 silam.

Ia memiliki tugas membantu 500 Startup mencari startup Indonesia yang berpotensi dan layak menerima pendanaan tahap awal dari dana investasi 500 Durians Fund II.

Adapun 500 Startups telah mengucurkan dana kepada sejumlah startup di Indonesia seperti Bukalapak, Kudo, Brodo, Hijup, Kredivo, dan Konserku.

Mendengar berita duka atas meninggalnya Ashraf Sinclair akibat serangat jantung. Khailee Ng, Managing Partner di 500 Startups, mengenang jasa dari Ashraf yang dikenal merupakan orang yang memiliki intuisi dalam membantu orang, dalam hal ini startup.

“Para pendiri, teman, dan kolega portofolio Indonesia di sini di 500 Startups berduka atas kehilangan Ashraf Sinclair. Dalam foto-foto ini, Anda akan melihatnya bukan sebagai aktor, tetapi sebagai pemberi. Bekerja keras untuk memberi para pendiri startup dorongan ekstra di mana ia bisa. Panggilan khasnya kepada saya adalah ‘Pendiri ini membutuhkan bantuan kami …’ – ia memiliki bakat intuisi dan selalu terhubung dengan orang-orang dari hati ke hati. Mengangkat mereka,” ucap Khailee, seperti dilansir dari e27, (18/2/2020).

“Kami sangat beruntung bisa bertemu dengannya dan melakukan perjalanan bersamanya. Kami mengirim pikiran positif kepada keluarganya. Kami akan hidup dengan positif dan kemurahan hati yang ditegakkan Ashraf, dan akan membayarnya ke depan. Itu yang dia banggakan melihatnya,” tambahnya.

alterntif text

Sebelumnya, pada 2017 lalu, Ashraf bersama 500 Startups, telah menyiapkan US$ 50 juta sebagai upaya menargetkan dan membantu cukup banyak startup.

“Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Kami menargetkan dapat mendanai 100 startup,” kata Ashraf pada 2017, dikutip dari Detik.com, (18/2/2020).

Nantinya tiap startup mendapat kucuran dana seri A sebesar US$ 50 ribu sampai US$ 250 ribu. Dana tersebut untuk membantu startup mengembangkan diri.

Para startup cukup mengirimkan email pengajuan ke ashraf@500.co. Selanjutnya suami Bunga Citra Lestari bersama tim 500 Startup akan menyeleksi mana perusahaan rintisan yang patut mendapat pendanaan.

“Tentu tidak semua yang masuk akan mendapat kucuran dana. Kami akan menentukan dengan sejumlah pertimbangan,” ujar Ashraf.

Adapun yang menjadi pertimbangan, meliputi sosok founder startup itu sendiri. Lalu menunjukan bukti eksekusi ide mereka, mulai dari prototipe hingga tim yang sudah dibentuk

(sumber : cnbc)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending