Penyerahan Syarat Perseorangan di Hari Pertama Masih Sepi? - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Penyerahan Syarat Perseorangan di Hari Pertama Masih Sepi?

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mulai membuka jadwal penyerahan syarat dukungan calon perseorangan paslon Wali Kota Makassar 2020 di Hotel Grand Claro, terhitung hari ini, Rabu (19/2/2020).

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar mengaku hingga saat ini masih menunggu bakal calon (balon) yang ingin menyerahkan syarat dukungannya. KPU sendiri disebut Gunawan akan standby hingga pukul 16.00 Wita.

“Untuk hari ini sampai jam 4 sore saja, kalau hari terakhir (23 Februari) sampai pukul 24.00 Wita,” ucap Gunawan ditemui di Hotel Claro, sore ini.

Namun hingga batas waktu yang disediakan, belum satu pun pihak balon yang datang menyerahkan dokumen syarat perseorangan.

Sekedar diketahui, syarat untuk mendaftar perseorangan sendiri ditetapkan sebanyak 72.570 lembar formulir yang disertai e-KTP dan tanda tangan pendukung. Setelah itu akan dilakukan pengecekan hingga masuk ke proses verifikasi administrasi.

“Tapi yang paling pertama kita lakukan yaitu pengecekan syarat dukungan. Pada saat balon datang, mereka melakukan registrasi dan penyambutan, setelah itu dokumen langsung dibawa masuk ke dalam ruangan kemudian dilakukan pengecekan,” terangnya.

Kata Gunawan, dalam tiga hari terakhir sudah intens melakukan komunikasi dengan calon-calon yang sudah mengambil User Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

alterntif text

“Jadi untuk saat ini, sudah ada tujuh calon yang sudah mengambil User Silon. Hanya saja, sampai saat ini ada tiga empat balon yang intens melakukan komunikasi yang sementara masih on progres,” jelasnya.

Dalam tahapan ini, pihaknya akan melibatkan sekitar 60 orang tenaga yang dibagi dalam 15 tim dan akan bekerja melakukan proses pengecekan berkas.

“Ada sekitar 60 orang yang dibagi menjadi 15 tim siap melakukan pengecekan syarat dukungan untuk calon,” kata Gunawan.

Adapun sejumlah balon yang diketahui telah mengambil User Silon, yaitu tim Danny Pomanto, tim Iriyanto Baso Ence, tim M Ismak, tim Jabal Nur, tim Munawwar, dan tim Andi Pawawoi, dan tim Syariffudin daeng Punna.

Terpisah, pihak balon Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengaku akan memutuskan maju atau tidak melalui jalur perseorangan setelah acara “Musyawarah Rakyat” yang dijadwalkan pada 22 Februari mendatang.

“Tunggu saja nanti keputusannya di Musyawarah Rakyat 22 Februari, di situ penentuannya,” ucap Juru Bicara Danny Pomanto, Maqbul Halim, belum lama ini.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending