Puluhan Warga Bara-baraya Padati PN Makassar Jelang Putusan Sengketa Lahan - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Puluhan Warga Bara-baraya Padati PN Makassar Jelang Putusan Sengketa Lahan

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pengadilan Negeri (PN) Makassar menggelar sidang putusan atas sengketa lahan di Jalan Abubakar Lambogo (Kampung Bara-Baraya), Makassar, Kamis (12/3/2020) pagi.

Saat sidang berlangsung, puluhan warga dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Bara-baraya Bersatu (ABB) kembali melakukan aksi unjuk rasa di depan PN Makassar, Jalan RA Kartini. Aksi itu mendapat pengawalan ketat aparat berseragam.

Diketahui sidang sengketa terkait lahan seluas 3 hektare yang diklaim sebagai tanah okupasi asrama TNI, namun dikeuasai warga bara-baraya sejak tahun 1960-an dengan bukti atas hak kepemilikan.

alterntif text

Duduk perkara kasus sengketa lahan ini,
awalnya bermula pada 2017, seorang bernama Nurdin Dg Nombong mengaku sebagai ahli waris dari Moeding daeng Matika. Kemudian ia menggugat 28 warga Barabaraya di PN Makassar dengan Nomor perkara: 255/Pdt.G/2017/PN Mks.

Nurdin Dg Nombong bersama Kodam XIV Hasanuddin mengklaim kepemilikan tanah di Barabaraya. Disebutkan, tanah yang ditinggali 28 Kartu Kerluarga (KK) tersebut merupakan lahan atau sebidang tanah bekas okupasi asrama TNI-AD. Sementara, warga telah menempati objek tanah tersebut sejak tahun 1960-an dengan bukti atas hak kepemilikan.

Hingga berita ini dilansir, sidang putusan yang diwarnai aksi unjuk rasa warga dan mahasiswa masih berjalan.

(**)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending