Darurat Corona, Muazin Di Kuwait Menangis Ucapkan Salatlah Di Rumah - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

NEWS

Darurat Corona, Muazin di Kuwait Menangis Ucapkan Salatlah di Rumah

Published

on

Makassartoday.com – Kuwait terpaksa menutup masjid dan sarankan warga salat jumat di rumah karena wabah virus corona. Muazin pun azan dengan ajakan salat di rumah.

Kuwait pada hari Jumat (13/3/2020) kemarin melarang salat Jumat di masjid dan meminta jamaah shalat lima waktu di rumah. Bahkan azan di masjid berubah.

Dilansir dari wartakotalive.com, seorang muazin di Kuwait menangis saat menyuarakan azan dan mengajak agar lebih baik salat di rumah.

Kementerian Awqaf dan Urusan Islam Kuwait mengatakan, salat Jumat di masjid-masjid tidak diizinkan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Bahkan, lafaz azan juga diganti untuk sementara. Khususnya pada kalimat “hayya alashsholah” yang berarti, mari kita shalat diganti dengan kalimat, “ashsholatu fii buyutikum”.Artinya, shalat lah di rumahmu.

alterntif text

Dengan demikian Pemerintah Kuwait terpaksa menutup masjid, dalam langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika negara itu berjuang untuk mencegah penyebaran virus corona.

Perubahan azan ini bukan mengada-ada, melainkan termasuk dalam hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dikutip dari situs Konsultasi Syariah, dalam sebuah hadits, Nabi memerintah azan dengan perubahan lafaz di atas ketika cuaca sangat dingin atau hujan deras.

“Ibnu Umar pernah berazan ketika salat di waktu malam yang dingin dan berangin. Kemudian beliau mengatakan ‘Alaa shollu fir rihaal’ (salatlah di rumah kalian).

Kemudian beliau mengatakan,’Dulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mu’adzin ketika keadaan malam itu dingin dan berhujan, untuk mengucapkan ‘Alaa shollu fir rihaal’ (salatlah di rumah kalian).” (HR. Muslim no. 1632 dan Abu Daud no. 1063)

(**)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending