Hadapi Covid-19, Pemkot Makassar Segera Cairkan Dana Kontijensi - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Hadapi Covid-19, Pemkot Makassar Segera Cairkan Dana Kontijensi

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebut telah bisa mencairkan dana kontijensi atau dana tak terduga dalam menghadapi penanganan virus korona atau Covid-19, dimana saat ini mulai masuk ke Makassar.

Dalam konfrensi pers di Media Center Covid-19 Makassar, Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan pencairan itu sudah bisa dilakukan dan telah memenuhi kriteria.

“Karena Makassar sudah ada yang positif maka statusnya suda tanggap darurat. Dana kontijensi kita sudah ada,” jawab Iqbal.

Terkait pencairan sendiri, Iqbal menyebut akan melalui beberapa tahapan. Gugus tugas, kata dia, nantinya akan menyusun berapa biaya yang dibutuhkan lalu kemudian diserahkan ke Pj Wali Kota Makassar dalam bentuk proposal permintaan bantuan itu.

Ditanya besaran dana itu, Iqbal enggan membeberkan. Kata dia, setelah ada laporan dari gugus tugas baru besaran dana itu diketahui.

Namun ia menegaskan, dana tersebut akan digunakan dalam berbagai kegiatan yang sifatnya penanganan Covid-19, termasuk pengadaan masker, sanitizer, disinfektan dan peralatan medis lainnya.

alterntif text

“Dana itu kita siapakan untuk satu tahun, berapa yang dibutuhkan nanti tergantung proposal usulan yang dibuat oleh gugus tugas, untuk apa saja termasuk itu pencegahan. Jadi nanti gugus tugaslah yang mengusulkan ke pemerintah kota,” jelas Iqbal.

“Tetapi prasyarat, prasyarat untuk menggunakan dana itu sudah memenuhi kriteria sehingga tidak lagi bermasalah nantinya,” tambahnya.

Adapun ketika dana tanggap darurat itu tidak mencukup, maka akan dilakukan revisi anggaran dimana kegiatan-kegiatan selama ini yang ditunda, anggaranya akan dialihkan.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali membenarkan jika dana itu benar adanya di Dinas Kesehatan Makassar. Dan menyarankan Pj Wali Kota Makasaar untuk mengambil sikap diskresi terkait protokol penanganan virus convid-19.

“Anggaran kan ada di Dinas Kesehatan dan di Kesekretariantan Kota Makassar, bisa digunakan terkait dalam penanganan virus corona ini,” pesanya lewan via WahtsApp.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending