Virus Corona Lebih Banyak Membunuh Pria, Kenapa? - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Health

Virus Corona Lebih Banyak Membunuh Pria, Kenapa?

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Data yang dihimpun dari berbagai negara mengungkap fakta baru bahwa virus corona lebih berbahaya bagi laki-laki. Tingkat kematian sebagian besar dialami oleh pasien positif berjenis kelamin pria.

Direktur Gugus Tugas Covid-19 Gedung Putih, Deborah Birx mengatakan, dari laporan yang diterimanya dari Italia, tingkat kematian laki-laki, di negara itu lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Dilansir iNews.id, otoritas kesehatan Italia menyebut 58 persen kasus Covid-19 yang terdata antara 21 Februari dan 12 Maret merupakan laki-laki. Sementara itu 72 persen dari total kasus kematian dialami pria di periode yang sama atau 803 kasus.

Dilanjutkan, 75 persen pasien virus corona laki-laki yang dirawat di rumah sakit lebih mungkin meninggal dibandingkan pasien perempuan meskipun menerima perawatan yang sama.

alterntif text

Data dari beberapa negara lain juga menunjukkan kondisi serupa, kematian yang terjadi pada laki-laki lebih tinggi ketimbang perempuan.

Laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China mengindikasikan kematian di kalangan laki-laki 65 persen lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Para pakar menjelaskan, selain kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman keras yang dapat merusak paru-paru, faktor hormon pada pria juga bisa memengaruhi. Hal ini terkait dengan respons hormon terjahadap kekebalan tubuh.

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol lebih sering dilakukan laki-laki ketimbang perempuan. Kebiasaan-kebiasaan itu dapat merusak paru-paru dan mengakibatkan peradangan saat melawan infeksi.

(**)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending