Dikabarkan Positif Corona, Wakil Bupati Bulukumba Bilang Ini! - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Dikabarkan Positif Corona, Wakil Bupati Bulukumba Bilang Ini!

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Beredar informasi melalui media yang menyatakan bahwa Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto tarjangkit Covid-19 atau dikenal virus Corona. Informasi ini juga sudah mulai banyak dibahas di media sosial.

Tomy Satria Yulianto yang dikonfirmasi, menegaskan jika informasi itu tidak benar alias hoax. Ia juga mengaku telah membaca conten beritanya setelah banyak orang yang mengirimkan linknya melalui media sosial.

“Saya sudah liat (beritanya). Informasi ini tidak benar, saya juga tidak pernah dikonfirmasi,” kata Tomy Satria, Senin (30/3/2020).

Dalam judul berita yang berseliwiran menuding Tomy Satria terjangkit Virus Corona. Meski dalam isinya dibantah sendiri bahwa yang bersangkutan tidak positif tapi hanya Orang Dalam Pemantauan (OPD). Tidak ditepis Tomy bahwa memang ada ketidaksesuaian antara judul dan isi dalam menggunakan kata “terjangkit”.

Dalam berita itu menggunakan nama Tomy Satria sebagai narasumber. Namun tidak pernah dilakukan konfirmasi dan hanya mengutip status yang diunggah Tomy Satria di akun facebook pribadinya.

“Unggahan itu memberikan informasi kepada publik yang menanyakan kabar dimana saya dan istri belakangan terakhir. Karena sebelum almarhum adik Ibrahim meninggal istri saya sempat menjenguk. Almarhum dinyatakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid, maka otomatis istri saya masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (OPD). Meski saya tidak berinteraksi langsung dengan Almarhum, oleh tim gugus tugas saya kemudian dikategorikan sebagai OPD. Bisa dilihat langsung pada unggahan di Facebook,” kata Tomy.

alterntif text

Atas hal tersebut sehingga dengan kesadaran diri Tomy Satria patuh terhadap aturan pemerintah. Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dirinya melakukan isolasi mandiri dan sekarang sudah memasuki hari ke 12.

Bahkan, saat dikonfirmaai Tomy Satria melalui aplikasi zoom teleconference sementara melakukan rapat virtual bersama Bupati dan jajaran Organisasi Pimpinan Daerah (OPD). Rapat tersebut merupakan rapat rutin.

Terpisah, kerabat dekat Tomy Satria, Yusman Wahab mengaku kaget dengan informasi yang beredar. Meski dia sejak awal mengindikasi ada kesalahpahaman penulis mengutip status Facebook Tomy Satria.

“Setelah saya baca ternyata benar. Penulis melalui judul yang menvonis pak Tomy Satria terjangki,” ungkap Yusman.

Dia mengaku sudah berusaha menghubungi pihak media yang bersangkutan untuk dilakukan klarifikasi, namun dari sekian banyak dia mencari informasi, tak ada yang tahu penulis maupun pihak redaksi media bersangkutan. Pihaknya juga sudah mengirim konfirmasi melalui via email.

“Dari sekian banyak tempat kita bertanya, tidak ada yang tahu penulisnya dan orang-orang di redaksinya. Termasuk kita sudah tanyakan lewat teman-teman jurnalis di Bulukumba dan Makassar. Sehingga, melalui informasi ini kami berharap publik mengetahui bahwa informasi itu tidak benar,” tandasnya.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending