Disdag Imbau Toko Besar Ditutup, Dewan Minta Pemberlakuan Sanksi - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Disdag Imbau Toko Besar Ditutup, Dewan Minta Pemberlakuan Sanksi

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Surat Imbauan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar kepada pemilik toko berskala besar seperti Alaska, Bintang, Agung dan toko Satu Sama untuk menghentikan sementara kegiatan perdagangan dalam upaya memutus mata rantai pandemi Corona atau Covid-19 turut direspon DPRD Makassar.

Aggota Komisi B bidang Keuangan dan Ekonomi DPRD Makassar, Hasanuddin Leo mengatakan, surat imbauan itu dikeluarkan harus diikuti dengan tindakan pengawasan di lapangan. Melibatkan sejumlah istansi seperti Satpol PP dan dinas tekait lainnya.

“Jadi imbauan itu tidak bisa hanya sekedar imbauan. Kalaupun ada yang bandel itu harus segera diberikan sangsi, apakah pencabutan izin dan sebagainya. Harus jelas dan itu disampaikan kepada pemilik objek kemudian dijelaskan sangsinya,” kata Hasanuddin Leo saat dikonfirmasi, Kamis (2/4/2020).

“Kalau tidak mau mengindahkan imbauan itu maka silahkan angkat kaki dari Makassar, inikan pemerintah keberadaanya untuk mengatur dan itu untuk kepentingan bersama,” tambahnya.

Disaat kondisi yang seperti saat ini, anggota Fraksi PAN itu menyampaikan agar para pengusaha tidak berpikir untung rugi dulu. Yang harus diutamakan kata dia adalah keselamatan bersama atau keselamatan masyarakat.

Selain itu, pendapatan daerah Kota Makassar untuk tahun 2020 juga disebut harus ada penyesuaian dan tidak mengikuti target yang telah ditetapkan pada tahun 2019 yang lalu mengingat adanya musibah.

alterntif text

“Ketika masyarakat sakit semua, tetap akan menjadi beban pemerintah juga, oleh karena saya kira dalam persoalan ini sekarang tidak bisa kita berhitung seperti itu,” jelasnya.

Sementara Kela Dinas Perdagangan Kota Makassar,
Andi Muhammad Yasir mengatakan jika imbauan itu dikeluarkan berdasarkan kondisi dilapangan. Dimana ketiga tokoh tersebut rentan akan penyebaran virus covid-19.

“Kita melihat kondisi yang ada dilapangan, kita melihat kondisi, Alaska, Bintang dan Satu Sama, sama sekali rentan itu dia punya Physical Distancing, makanya kami imbau,” terangnya.

Namun terkait pelaksanaan teknisnya, kata dia itu semuanya tugas Gugus Tugas Covid-19 Kota Makassar.

“Itukan nanti Gugus Tugas Covid-19, kami akan meyurat kembali hari ini menjelaskan SOP yang mereka harus lakukan,” pungkasnya.

Adapun isi surat imbauan bernomo: 800/05 43/Disdag/IV/2020 yang dikeluarkan sejak tanggal 1 April kemarin yaitu:

1. Di imbau kepada pemilik usaha untuk menghentikan dan menutup sementara kegiatan perdagangan di toko saudara

2. Di imbau kepada pemilik usaha untuk melakukan aktifitas perdangan secara online/sistem pengantaran.

3. Agar imbauan ini dilaksanakan segera setelah diterimnya Surat Himbauan ini dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga yang baik.

Meskipun ada surat imbauan tersebut, namun dari pantauan di lapangan toko yang dimaksudkan seperti Bintang masih terus beroperasi.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending