IDI: Pasien Tak Jujur, Dokter Di Makassar Meninggal Terpapar Corona - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

IDI: Pasien Tak Jujur, Dokter di Makassar Meninggal Terpapar Corona

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Dokter (dr) Bernadette Albertina Fransiska meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 atau lebih dikenal dengan sebutan virus Corona. dr Bernadette sendiri tercatat sebagai tenaga medis pertama di Makassar yang meninggal dunia dalam kasus ini.

“Pertama dokter Makassar yang meninggal,” kata dr Wachyudi Muchsin, Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Makassar kepada Makassartoday.com, Sabtu (4/4/2020).

dr Bernedette sempat mendapat perawatan di RS Awal Bros Makassar dan kemudian dirujuk ke RS Wahidin Sudirohusodo. Namun dalam proses perawatan dr Bernedette menghembuskan napas terakhir.

Sebelum masuk daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dokter praktek di RS Awal Bros itu sempat menangani pasien dengan gejala sakit pada tenggorokan, dimana gejala tersebut masuk sebagai salah satu gejala dari virus Covid-19.

alterntif text

Sejauh ini, kata dr Wachyudin, banyak tenaga medis yang menjadi korban saat menangnai pasien di rumah sakit. Selain kekurangan Alat Pelindung Diri (APD), juga permasalahan pasien yang tidak jujur ketika datang memeriksakan diri ke Rumah Sakit (RS) atau Puskesmas.

“Banyak pasien yang tidak jujur kalau pernah bepergian ke daerah pandemik corona atau pernah bersentuhan dengan pasien corona. Mereka datang ke puskesmas atau rumah sakit dengan diagnosa bukan Corona, padahal Corona. Akhirnya dokter kena juga karena ke tidak terbukanya pasien,” tambahnya.

Sikap masyarakat yang tidak terbuka itu juga dinilai karena disebabkan ada beberapa hal, diantaranya ketidakpahaman akan virus Covid-19 serta stigma virus Corona ini sebagai aib.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending