Krisis Darah di Tengah Pandemi Corona, PMI dan IDI Ajak Warga Berdonor - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Krisis Darah di Tengah Pandemi Corona, PMI dan IDI Ajak Warga Berdonor

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Makassar mengakui tengah mengalami krisis stok darah sejak bebrapa hari lalu. Krisis darah tak lepas dari dampak pandemi Covid-19 atau virus Corona.

Ketua PMI Kota Makassar, Dr. Syamsu Rizal Deng Ical, mengungkapkan, krisis terutama terjadi pada trombosit.

“Di PMI saat ini stok darah hanya 1056 kantong, kira-kira cukup untuk 7 sampai 8 hari saja,” ungkap Deng Ical, Sabtu (4/3/2020).

Ia memaklumi banyak pendonor yang sebelumnya rutin berdonor, saat ini enggan keluar rumah karena menghidari terpapar Corona.

Menurutnya, waspada Corona itu wajib namun peduli kemanusiaan juga tidak boleh dikesampingkan.

“Banyak sekali saudara-saudarata saat ini ada di rumah sakit yang sangat membutuhkan darah ta, mereka butuh kontribusi ta,” ungkapnya.

alterntif text

Sementara Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Makassar dr. Wachyudi Muchsin usai menyerahkan bantuan vitamin kepada para relawan PMI Cabang Makassar ikut mengajak masyarakat untuk mendonorkan darah.

Wachyudi yang saat itu juga baru saja selesai mendonorkan darahnya mengatakan, berdonor memiliki banyak manfaat terutama bagi kemanusiaan dan kesehatan.

Ia berharap masyarakat tidak perlu takut mendonor karena PMI memiliki prosedur donor darah yang aman di tengah pandemi virus corona.

“Masyarakat di luar juga tidak perlu takut jangan sampai menganggap darah itu terkontaminasi covid-19, donor darah di PMI itu aman,” imbuh “Dokter Koboi” sapaan akrabnya.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending