Listrik Diskon Saat Pandemi Corona, Tarif PDAM Bagaimana? - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

NEWS

Listrik Diskon Saat Pandemi Corona, Tarif PDAM Bagaimana?

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Kepala Bagian Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar, Muhammad Rusli mengatakan hingga saat ini pihaknya belum merencanakan pemberian diskon atau pelayanan gratis kepada pelanggan dengan berbagai pertimbangan.

Meski sejumlah instansi telah membuat kebijakan mulai dari penurunan jam kerja sampai pada pelayanan gratis ke pelanggannya akibat dari merebaknya pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat berdiam diri di rumah dan Bekerja Dari Rumah (Work From Home) untuk sementara waktu.

“Terkait itu PDAM Makassar belum merencanakan memberikan discount atau pembebasan tarif air,” kata Rusli saat dikonfirmasi, Rabu (8/4/2020).

PDAM Makassar sendiri dalam menyikapi situasi saat ini tidak hanya konsen pada pemenuhan layanan distribusi air bersih kepada seluruh masyarakat tapi juga konsentrasi terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Makassar.

Adapun alasan PDAM Makassar belum memberikan pembebasan pembayaran kepada pelanggan dikarekan sejumlah hal diantaranya:

1. Tarif air minum Perumda sejak dikeluarkan sudah memberikan subsidi kepada Pelanggan Golongan Sosial dan Rumah Tangga dimana harga air terendah untuk golongan Sosial 1 hanya Rp.325/1000 ltr dan golongan Rumah Tangga R1 hanya Rp. 1.250/1000 ltr dan sampai dengan golongan tarif R7 untuk pemakaian 10 m3, sedang; harga pokok produksi air Rp.3.791/1.000 ltr berdasarkan hasil audit BPKP tahun 2019.

alterntif text

2. Dengan Kondisi situasi Covid-19 ini mempengaruhi seluruh aktitas kegiatan ekonomi pada negara-negara terdampak termasuk Indonesia yang menyebabkan lemahnya nilai tukar rupiah tethadap Dollar. Kondisi ini membuat harga bahan kimia untuk pengolahan air menjadi meningkat dan mempengaruhi langsung biaya operasi pengolahan air minum Perumda Air Minum Kota Makassar.

3. Menanngapi kebijakan dan sosialisasi Pemerintah Kota Makassar tentang hidup bersih, membiasakan diri cuci tangan dengan air bersih menggunakan sabun, maka Perumda menjawab dengan membuat tandom-tandom wastafel yang juga ditambah dengan beberapa bantuan dari lnstansi dan Institusi lainnya.
Saat ini tandom-tandom ini telah tersebar pada beberapa titik-titik keramaian di Kota Makassar sebanyak lebih dari 60 unit tandon dengan kebutuhan air 60.000 ltr perhari yang harus dlsuply oleh Perumda Air Minum Kora Makassar secara GRATIS.

4. Perumda Air Miunum Kota Makassar termasuk menyuplay air untuk penyemprotan disinfektan diseluruh Kota Makassar.

5. Perumda Air Minum Kota Makassar tidak mendapat subsidi dari pemerintah

6. Perumda Air Minum Kota Makassar salah satu perusahaan yang memberikan Devident atau PAD kepada Pemerintah Daerah.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending