May Day Tahun Ini, 9.296 Tenaga Kerja Di Makassar Dirumahkan - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

NEWS

May Day Tahun Ini, 9.296 Tenaga Kerja di Makassar Dirumahkan

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Peringatan Hari buruh (May Day) di Kota Makassar, Jumat (1/5/2020) nampak berbeda dengan tahun sebelumnya. Hari Buruh yang biasanya diperingati dengan aksi tumpah di jalan urung digelar lantaran Makassar tengah menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19.

Kondisi ini juga memaksakan sebagian masyarkat berdiam di rumah untuk sementara waktu sebagai upaya memutus rantai penularan virus Corona. Termasuk para buruh yang sebagian besar harus beralih bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH).

Dari data yang dirilis Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kota Makasaar, tercatat ada sebanyak 9.296 tenaga kerja yang dirumahkan termasuk PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Sementara perusahaan yang terdampak Covid-19 dan telah melapor ke Disnaker ada sebanyak 316 perusahaan.

alterntif text

“Perusahaan yang terdampak dan melaporkan ke Disnaker Kota Makassar adalah 316 perusahaan, dan tenaga kerja yang terdampak sebanyak 9.296 orang,” kata Kepala Disnaker Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan saat menggelar video konfrens, Jumat (1/5/2020).

Adapun penjelasan dari Irwan terkait 9.296 karyawan terdampak, masih ada 323 orang yang menerima gaji full, sedangkan 4.732 karyawan hanya mendapat 20 persen gajinya. Tanpa upah sebanyak 4.241 orang, dan kena PHK sebanyak 224 orang.

“Sebanyak 4.241 karyawan yang tidak menerima upah ini yang kami carikan solusi salah satunya kami mengarahkan untuk mendaftar kartu prakerja,” pungkasnya.

Adapun langkah Disnaker Makassar kedepan yakni melakukan talkshow baik melalui media sosial maupun dengan media lainnya terkait kartu prakerja. Irwan menegaskan, bagi masyarakat yang ingin bertanya mengenai kartu prakerja, pihaknya tetap melayani keluhan-keluhan yang datang melalui media sosial atau WhatsApp di Nomor 081355693458.

(Isak Pasabuan/Foto: Ilustrasi)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending