Disnaker Makassar Terima Puluhan Aduan Terkait THR - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Disnaker Makassar Terima Puluhan Aduan Terkait THR

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kota Makasaar mengaku telah menerima 40 aduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR), sepanjang satu pekan terakhir.

Kepala Disnaker Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan mengatakan, semua aduan yang masuk merupakan pekerja yang mengaku tidak mendapatkan hak atas THR. Para pekerja itu, kata dia, kemudian difasilitasi untuk melakukan komunikasi dengan pihak perusahaan tempat mereka berkerja.

“Sejak dibuka aduan sepekan lalu, jumlah aduan sudah mencapai 40. Semua terkait pembayaran THR. Cuman kan THR nanti kita baru bisa ekskusi satu pekan jelang lebaran. Aturannya kan begitu,” kata Andi Irwan saat di wawancara, Kamis (14/5/2020).

Andi Irwan menyatakan pihaknya akan mengedepankan langkah-langkah persuasif namun bukan berarti mengindahkan langkah tegas.

“Jadi kita mengedepankan berkomunikasi dengan pihak perusahaan. Jadi kami mengundang mereka atau kami datang disana mempertemukan. Kita memecahkan masalah artinya kalau tidak ada kesepakatan antara perusahan dan kariawan baru kita tindak,” tandasnya.

Andi Irwan menekankan kepada perusahaan untuk tetap memberikan tunjangan THR kepada pekerja, meski situasinya sedang darurat Covid-19.

“THR itu adalah kewajiban perusahaan kepada karyawannya atas kinerjanya selama 1 tahun, jadi tidak boleh karena alasan Covid-19 ini tidak dikasih THR,” tegasnya.

Namun karena masa sekarang yang susah karena pandemi Covid-19, Disnaker memberikan keringanan, yakni dapat mencicil kewajiban THR tersebut sesuai kesepakatan bersama antara pengusaha dan karyawan.

“Kita beri sedikit kelunakan yaitu bisa dicicil atau dibayar tiga kali, tergantung dari kesepakatan karyawan dengan perusahaan tersebut,” kuncinya.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending