204 Pedagang Pasar Di Makassar Reaktif Covid-19 - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

204 Pedagang Pasar di Makassar Reaktif Covid-19

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar mengaku menemukan 204 orang pedagang reaktif Covid-19 selama empat hari pelaksanaan rapid test di 18 pasar induk.

Pemeriksaan pertama yang dimulai pada hari Selasa, 12 Mei terdata 21 pedagang reaktif dari 548 pedagang yang menjalani rapid test. Untuk hari kedua, Rabu 13 Mei terdata 44 pedagang reaktif dari 1.496 pedagang yang menjalani rapid test.

Sementara di hari ketiga, Kamis 14 Mei terdapat 78 pedagang reaktif dari 1.187 pedagang yang jalani rapid test dan di hari terakhir, Jumat 15 Mei terdeteksi 61 orang reaktif dari 1.914 orang yang di rapid test.

“Untuk hari ini, sebanyak 1.914 pedagang mengikuti RDT yang bergulir di empat pasar, diantaranya Pasar Butung, Pasar Sawah, Pasar Mandai, serta Pasar Niaga Daya. Jumlah pedagang yang reaktif sampai hari ini berjumlah 204 orang,” papar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, saat dikonfirmasi, Jumat (15/5/2020).

Naisyah mengatakan, pasar-pasar yang disasar untuk pelaksanaan rapid test dalam waktu empat hari itu tidak lepas dari sinergitas antara Dinkes Makassar dengan PD Pasar.

alterntif text

Sementara para pedagang yang ditemukan reaktif Covid-19 nantinya akan menjalani proses karantina mandiri secara bertahap.

Sekedar diketahui, rapid test merupakan salah satu upaya awal dalam mendeteksi penyebaran visrus Covid-19 di tengah masyarakat. Namun tapid test belum dapat dijadikan dasar kuat untuk menetapkan seseorang benar-benar positif menidap virus Covid-19. Mereka yang reaktif nanyinya masih akan melalui proses pemeriksaan lanjutan, seperti pemeriksaan Swab atau PCR.

“Nanti kita jemput satu per satu di rumah mereka. Kita juga lihat perkembangannya dan kesiapan ruangan untuk isolasi mandiri di tempat yang sudah disiapkan,” pungkasnya.

Sebelumnya pada 12 Mei, kata dia, pelaksanaan rapid test dilaksanakan di Pasar Sambung Jawa, Pasar Parang Tambung, Pasar Pabaeng-baeng dan Pasar Pabaeng-baeng Timur.

Sedangkan pada 13 Mei pelaksanaan rapid test digelar di Pasar Sentral (Makassar Mall), Pasar Kalimbu dan Kerung-kerung, Pasar Mamajang dan Maricaya, serta Pasar Kampung Baru.

Untuk 14 Mei, meliputi pedagang di Pasar Terong, Pasar Panampu, Pasar Cendrawasih, serta Pasar Panakukang.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending