Pulau Kodingareng Potensi Jadi Klaster Baru Covid-19 Di Makassar - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Pulau Kodingareng Potensi jadi Klaster Baru Covid-19 di Makassar

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pasien positif Covid-19 di kota Makassar terus bertambah, namun kali ini pasien tersebut datang dari wilayah kepulauan di Kecamatan Sangkarrang, dimana selama ini wilayah tersebut berstatus zona hijau atau nol Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin dalam pertemuannya dengan Forkopimda di Balaikota Makassar, Sabtu (16/5/2020) mengatakan, telah terdeteksi 10 orang positif Covid-19 dari hasil tes Swab di pulau tersebut.

“Ini urgent dan harus segera dilakukan agar virus tidak menyebar hingga satu pulau,” ungkap Naisyah saat menyampaikan laporan ke Pj Wali Kota Makassar Yusran Jusuf dalam rapat.

“Dari hasil laboratorium yang saya dapatkan dari provinsi, ada 10 orang di pulau itu positif Swab, bukan rapid test,” tambahnya.

alterntif text

Adapun langkah yang akan dilakukan guna menekan jumlah penyebaran virus Covid-19 di kepualan tersebut yakni melakukan rapid test masaal. Pemerintah Kota Makassar menyediakan 2.000 alat rapid test, khusus untuk Kepulauan Kodingareng yang disebut berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di kota Makassar.

“Kita lakukan secara bertahap. Kita lihat tingkat urgentnya dulu. Itu yang kita dahulukan,” sebut Naisyah.

Selain kepulauan, diketahui rapid test massal juga akan digelar di lima kecamatan di Kota Makassar, diantaranya Kecamatan Rappocini, Tamalate, Panakukkang, Manggala, Ujung Tanah.

“Kita harus cepat menangani dan mendeteksi siapa-siapa saja yang positif agar tidak meluas dan cepat ditangani,” ujar Yusran saat memimpin rapat evaluasi.

Adapun data update angka pasien Covid-19 di Kota Makassar hingga hari ini :

Positif Covid-19 = 566
Di Rawat = 290
Sembuh = 236
Meninggal = 40

PDP = 585
Masih Dirawat = 213
Pulang dan Sehat = 299
Meninggal = 73

ODP = 1120
Proses Pemantauan = 148
Selesai Pemantauan = 972

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending