New Normal Baru Bisa Diterapkan Di Daerah Dengan RO Di Bawah Angka Satu - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

New Normal Baru Bisa Diterapkan di Daerah dengan RO di Bawah Angka Satu

Published

on

Makassartoday.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan potokol tatanan normal baru akan dicoba di beberapa provinsi dan kabupatan/kota yang memiliki angka reproduksi (R0) di bawah angka satu.

“Nanti juga akan kita mulai untuk tatanan (normal) baru ini, kita coba di beberapa provinsi dan kabupaten/kota yang sudah memiliki R0 di bawah angka satu,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas (Ratas) tentang persiapan pelaksanaan protokol tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 melalui video conference di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (27/4/2020).

Tidak hanya itu, tatanan normal baru ini juga akan diujicobakan di sektor-sektor usaha tertentu yang dinilai dapat menerapkan protokol tatanan normal baru.

“Juga pada sektor-sektor tertentu yang kita lihat di lapangan bisa melakukan tatanan normal baru yang ingin kita kerjakan,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, dalam ratas tersebut, Presiden Jokowi menegaskan akan memperluas wilayah yang menerapkan pendisiplinan protokol kesehatan dengan menurunkan pasukan TNI dan Polri, bila kebijakan tersebut ternyata efektif menurunkan kurva jumlah kasus positif virus corona atau Covid-19 di suatu daerah.

alterntif text

Peningkatan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan ini merupakan bagian dari persiapan pelaksanaan protokol tatanan normal baru sehingga masyarakat Indonesia bisa produktif kembali namun tetap aman dari Covid-19.

Jokowi juga meminta jajaran kementeriannya segera mensosialisasikan protokol tatanan normal baru secara massif ke masyarakat. Sehingga, ketika nanti pemerintah memutuskan untuk menerapkan tatanan normal baru, maka masyarakat sudah siap menjalankannya.

Hal-hal yang harus disosialisikan teruse menerur, lanjutnya, diataranya, mengenai bagaimana menjaga jarak yang aman ketika melaksanakan aktivitas dan pekerjaan, mengenakan masker, selalu mencuci tangan dan dilarang berkerumunan dalam jumlah orang yang banyak.

Seperti diketahui, sejak kemarin, Selasa (26/5/2020), Presiden Jokowi telah menetapkan empat provinsi dan 25 Kabupaten/Kota yang menerapkan pendisiplinan protokol kesehatan, dengan menurunkan 340 ribu pasukan TNI/Polri di 1.800 titik.

(Sumber : BeritaSatu)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending