Kerusuhan Dan Penjarahan Pecah Di AS, WNI Diminta Waspada - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Internasional

Kerusuhan dan Penjarahan Pecah di AS, WNI Diminta Waspada

Published

on

Makassartday.com, Makassar – Warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Amerika Serikat (AS) diminta untuk tetap waspada usai terjadi kerusuhan dan penjarahan di Kota Minneapolis dan sejumlah kota lainnya di negara tersebut. Kerusuhan itu pecah sebagai akibat dari terbunuhnya pria kulit hitam, George Floyd, oleh oknum kepolisian setempat.

A”Berdasarkan pemberitaan di sejumlah media internasional dan komunikasi langsung dengan sebagian WNI di AS, kerusuhan di Kota Minneapolis telah berimbas ke kota-kota lainnya di Amerika Serikat,” kata Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (HNW) dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (1/6/2020). 

Dari berbagai informasi, kata HNW, suasana di beberapa kota di AS terjadi kerusuhan sebagai akibat kemarahan warga yang disebabkan tindakan represif diskriminatif dari oknum kepolisian AS, dan komentar Presiden AS, Donald Trump.

Terlebih, sikap frustasi sebagian warga yang hilang mata pencahariannya akibat pandemi COVID-19 dan juga kekecewaan terhadap penanganan pandemi oleh Pemerintah AS yang dinilai tidak serius.

Untuk itu, politisi senior (Partai Keadilan Sejahtera) PKS tersebut meminta agar WNI di AS terus waspada, menghindari kawasan yang rusuh. Mereka diminta mencari tempat yang aman apabila terjadi kerusuhan.

“Jangan ikut-ikutan dengan penjarahan. Perlu juga ada penguatan komunikasi antara sesama WNI dan dengan KBRI di AS,” ujar HNW. 

HNW menilai, negara melalui KBRI wajib melindungi semua WNI. Selain itu juga harus lebih proaktif memantau peristiwa itu dan memastikan keamanan serta keselamatan WNI yang tinggal di kota-kota yang terdampak kerusuhan.
“Yang paling utama adalah menghadirkan keamanan dan keselamatan WNI di sana,” paparnya. 

(Sumber : rilis.id)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending