Bus Bermuatan Logistik Kantongi Izin PD Terminal? Dewan Pengawas: Itu Pelanggaran Berat - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

NEWS

Bus Bermuatan Logistik Kantongi Izin PD Terminal? Dewan Pengawas: Itu Pelanggaran Berat

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Sejumlah persuahaan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) mulai beralih mengakut barang (logistik) ke sejumlah daerah. Kondisi tersebut diduga dimanfaatkan sejumlah PO bus angkutan umum meningat adanya larangan mudik oleh pemerintah pusat.

Sejumlah sopir bus mengaku melakukan peralihan muatan orang ke logistik berdasarkan surat izin yang dikeluarkan oleh PD Terminal Makassar Metro. Dalam surat itu tertera kop resmi dan di tangatangani oleh Kabag Pengelola PD Terminal Makassar Metro, Sumarlin.

Hanya saja, surat izin tersebut diduga telah melampaui kewenangan PD Terminal, mengingat selama ini izin trayek angkutan barang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel.

“Kami ada surat izin dari PD Terminal untuk angkut barang. Tapi setiap cekpoint kami perlihatkan izinnya cuma masih dipertanyakan dengan petugas setempat,” ungkap salah seorang sopir bus yang minta namanya tidak disebutkan.

Dia juga mengaku, bahwa untuk mendapatkan izin angkutan logistik diminta membayar Rp100 ribu oleh oknum tersebut.

Anggota Dewan Pengawas PD Terminal Makassar Metro Ridwan Rosadi Umar dikonfirmasi terpisah mengaku bahwa surat izin yang diduga dikeluarkan pihak direksi merupakan pelanggaran berat.

Menurutnya, izin peralihan pengangkutan atau trayek ada pada kewenangan Dishub Provinsi Sulsel. Meski begitu, temuan tersebut masih akan didalami pihaknya.

“Kalau itu benar maka itu pelanggaran berat. Kewenangan itu harusnya ada di Diahub Sulsel bukan di PD Terminal. Tapi kami akan dalami temuan itu,” ucapnya.

Hingga berita ini dilansir pihak direksi PD Terminal belum bisa dikonfirmasi. Panggilan telepon wartawan melalui WahatApp Dirut PD Terminal Makssar Metro, Asroni tidak direspon.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending