Puluhan Orang Terjaring Razia Masker Di Luar Rumah - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Puluhan Orang Terjaring Razia Masker di Luar Rumah

Published

on

Makassartoday.com, Makasaar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai gencar melakukan razia masker bagi warga yang melakukan aktivitas di luar rumah. Imbauan penggunaan masker ini dilakukan mengingat kota Makassar masih menjadi episentruk Covid-19 di Sulawesi Selatan.

Razia masker di luar rumah kembali digelar Senin (22/6/2020) di sejumlah titik keramaian dengan melibatkan aparat gabungan seperti Satpol PP bersama TNI, Polri. Razia ini juga mengikutkan pihak Dinas Perdagangan, Dinas Ketenagakerjaan, PTSP, dan BPBD.

Kepala Satpol PP Makassar, Iman Hud mengatakan bahwa razia masker ini akan digelar selama waktu yang tidak ditentukan atau diperkirakan tiga bulan kedepan. Adapun razia yang digelar pagi tadi menjaring puluhan warga yang tidak menggunakan masker.

“Hari ini kita turun 100 orang. Hasilnya tadi ada puluhan yang kita temukan tidak menggunakan masker,” kata Iman Hud.

Kegiatan yang sudah berlangsung selama tiga hari ini dikatakan tidak hanya terfokus pada pemgendara saja, tapi juga bagi pengunjung warung kopi (Warkop), mal, rumah makan, serta tempat objek wisata.

Iman Hud menjelaskan bahwa apa yang dilakukan pihaknya bersama dengan Tim Gugus Covid-19 Makassar lainnya adalah bentuk edukasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat.

“Ini bagian dari edukasi agar warga senantiasa menjaga protokol kesehatan,” ucap Iman Hud.

Adapun warga yang terjaring razia akan diberi pemahaman tentang bahanya virus Covid-19, serta diberi masker, apabila tidak memiliki masker. Meski begitu, pihaknya tetap memberlakukan sanksi penyitaan KTP bagi warga yang tiga kali ditemukan tidak menggunakan masker.

“Tiga kali teguran, setelah itu kita sita KTP, dan bawa ke kantor untuk BAP berita acara pemeriksaan. Namun dengan catatan tetap berorientasi pada rasa keadilan. Tetap persuasif, terarah tapi tegas tidak kasar dan brutal,” sebut Iman Hud.

Adapun dasar dalam penindakan ini disebut mengacu pada Perwali Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Kota Makassar.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending