Cicu Sosialisasikan Perda Pengelolaan Dan Pemanfatan Air Tanah - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

NEWS

Cicu Sosialisasikan Perda Pengelolaan dan Pemanfatan Air Tanah

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Anggita DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan dan Pemanfataan Air Tanah, Minggu (28/6/2020).

Dalam sosialisasi tersebut, Cicu sapaan akrabnya menyampaikan kepada masyarakat tentang keberadaan perda yang ditujukan untuk meminimalisir maraknya penggunaan air tanah yang tidak terkontrol dan berdampak pada kerusakan lingkungan.

“Perda Pengelolaan dan Pemanfaatan Air Tanah ini dibuat agar tidak ada lagi masyarakat atau industri yang melakukan pengeboran secara berlebihan. Mereka yang ingin memanfaatkan air tanah wajib memiliki izin dari pemerintah provinsi,” jelas Cicu, yang juga Ketua Komisi B bidang Ekonomi DPRD Sulsel.

alterntif text

Dia menambahkan, bahwa sebelumnya regulasi pemanfaatan air tanah ada pada masing-masing daerah, dimana kewenangan pengelolaan dan penerbitan izin berdasarkan batas administrasi dalam wilayah kabupaten/kota se-Sulsel.

Karena Keputusan Presiden No 26/2011 tentang Penetapan Cekungan Air Tanah, pengelolaan dan penerbitan izin diubah. Melalui ranperda ini, pengelolaan air tanah dan penerbitan izin nantinya dilaksanakan oleh pemerintah daerah provinsi berdasarkan cekungan air tanah.

“Asas pengelolaan air tanah yang baik dan benar adalah pengelolaan yang menyeluruh mulai dari wilayah imbuhan sampai ke wilayah hilir dengan melibatkan lintas sektoral,” pungkasnya.

(**)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending