Pemerintah : Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik Hingga Akhir Tahun - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Pemerintah : Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik Hingga Akhir Tahun

Published

on

Makassartoday.com, Jakarta – Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana memastikan tidak ada kenaikan tarif dasar listrik sampai akhir tahun 2020. Ini menjawab berbagai pertanyaan yang muncul setelah tagihan listrik sebagian pelanggan PLN naik dibandingkan sebelum virus corona mewabah di Indonesia.

“Kami tekankan pemerintah tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik sampai akhir tahun ini,” kata Rida dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (1/7).

Dia melanjutkan jika terjadi kenaikan tagihan listrik, maka bukan berasal dari tarif dasar listrik yang naik. Sebaliknya, hal itu disebabkan pemakaian listrik yang lebih banyak dari biasanya.

Seperti diketahui, selama pandemi berlangsung pemerintah meminta masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari di rumah. Sehingga konsumsi tanpa terasa bertambah.

Rida mengatakan sejak tahun 2017, pihaknya telah membuka layanan pengaduan berbasis website. Lalu pada Januari 2020 telah juga diluncurkan Program Peduli yang memudahkan masyarakat untuk melakukan pengaduan terkait subsidi listrik dari pemerintah.

Hingga bulan Mei 2020 tercatat ada 200 ribu pelanggan yang melakukan pengaduan tentang melonjaknya tagihan listrik pengguna pascabayar. Rida mengklaim, setengah dari aduan tersebut telah ditindaklanjuti.

“Sampai mei tercatat lebih dari 300 ribu pelanggan dan lebih dari setengahnya ditindaklanjuti karena berhak mendapatkan subsidi,” pungkasnya.

(Sumber : Merdeka.com)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending