Enam Partai Belum Tentukan Sikap, Kemana Arah Dukungannya? - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Enam Partai Belum Tentukan Sikap, Kemana Arah Dukungannya?

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pemilihan wali dan wakil wali kota Makassar sebentar lagi akan dimulai, dimana dari jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU Pilkada serentak itu jatuh pada 9 Desember 2020 mendatang.

Waktu yang terbilang dekat itu turut dimanfaatkan oleh sebagain partai politik (parpol) dengan mengeluarkam surat rekomendasi kepada jagoaanya masing-masing. Meskipun sebagian lainnya masih dalam tahap penjajakan balon yang dianggap layak untuk menjadi usungannya.

Enam partai ini misalnya, PDI Perjuangan (5 kursi), Demokrat (6 kursi), PPP (5 kursi), Hanura (3 kursi), Perindo (2 kursi), dan Berkarya (1 kursi) belum menyatakan sikap hingga hari ini kepada siapa nantinya akan berlabu. 23 kursi ini juga masih menjadi rebutan para balon untuk mecukupi syarat KPU yakni 10 kursi.

Sementara enam partai lainnya sudah mengeluarkan rekomendasi, NasDem (Danny-Fatma), PKS (Deng Ical), PKB (Deng Ical), PAN (None), Gerindra (Danny-Fatma), Golkar (None).

PDIP yang dikabarkan akan merapat ke Syamsu Rizal alias Deng Ical-dr Fadli Ananda (Dilan) yang dibuktikan dengan Penandatangan Komitmen Untuk Calon Kepala Daerah di Jakarta beberapa hari yang lalu juga masih sebatas opini publik.

Ketua DPC PDIP Makassar, Andi Suhada Sappaile saat dikonfirmasi perihal rekomendasi menyebut hingga saat ini belum ada.

“Belum ada. Kita tunggu saja keputusan DPP seperti apa,” pesan singkat Suhada saat dikonfirmasi,” Kamis (2/7/2020).

Begitu juga dengan Demokrat sebagai pemilik kursi terbanyak di legislatif Makassar belum menyatakan sikap. Ketua DPC Partai Demokrat Kota Makassar Adi Rasyid Ali (ARA) saat dikonfirmasi menyebut tak mau terburu-buru mengeluarkan rekomendasi.

Apalagi kata dia, partainya punya pengalaman panjang dalam mengawal pesta politik di Makassar. Termasuk kemenangan kotak kosong (Koko) pada Pilwali Makassar 2018.

“Di Pilwali yang lalu Demokrat  punya sejarah dan pengalaman dengan orang yang pernah kami usung.  Artinya, karena punya sejarah dan pengalaman, maka Demokrat tidak mau jadi seperti keledai,” ungkap ARA akronim namanya.

Adapun sejumlah figur yang sedang menguat beserta pasangannya yakni, Danny- Fatmawati RMS, Deng Ical-dr Fadli, Appi-Rahman Bando dengan None yang hingga saat ini belum menentukan siapa pendampingnya.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending