Kesulitan Sistem PPDB Online, Orang Tua Casis Geruduk Kantor Disdik - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Kesulitan Sistem PPDB Online, Orang Tua Casis Geruduk Kantor Disdik

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Puluhan orang tua calon siswa (casis) mendatangi kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menggelar aksi protes lantaran kesulitan mendaftarkan anaknya masuk sekolah.

Salah satu orang tua casis yang ikut dalam aksi yang enggan disebutkan namanya mengaku telah melapor namun keluhan itu diabaikan dan tidak di gubris oleh operator Disdik Makassar.

“Nomor yang dicantumkan di WhatsApp dan Web itu tidak aktif,” katanya saat ditanyai, Senin (6/7/2020).

Ia mengaku bukan hanya dia, melainkan orang tua casis yang lain juga kesulitan mengakses web saat melakukan pendaftaran PPDB. Namun pihak operator tak memberikan solusi.

“Apa gunanya web itu ketika tidak ada solusi. Di dalam orang-orang tua melapor tapi tidak ada penjelasan terkait itu, sehingga dinas pendidikan menjadi klaster Covid-19 terbaru karena orang-orang berbondong-bondong ke tempat ini untuk mencari penjelasan,” ucapnya dengan nada kecewa.

Atas kejadian itu, ia meminta Disdik memperbaiki sistem yang dinilai amburadul itu. Kedatangan ke Disdik sendiri disebut untuk berkeluh kesah.

“Saya berharap tolong diperbaiki, sekarang siapa yang jaminkan kami kalau tidak ada terjadi permainan di tempat itu, pada saat tanggal 30, bagus jaringan, kenapa pada saat tanggal 1 dibuka secara resmi sampai detik ini, jaringan itu eror, siapa kemudian bertanggung jawab,” bebernya.

Sementara, Plt Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amalia Malik mengatakan pihaknya terbuka dan meminta masyarakat melakukan pengawasan soal PPBD.

“Supaya tujuan kita melaksanakan PPBD ini bisa berjalan dengan baik dengan mengacu kepada asas dan prinsip PPBD 2020, sebenarnya hari jumat kemarin kita sudah menerima perwakilan dari semuanya, dari teman-teman yang berada di forum peduli pendidikan,” kata Amalia kepada demonstran.

Namun bagi masyarakat yang merasa belum puas dan mendapatkan jawaban atas masalah tersebut, Amalia mengatakan itu tak masalah. Setiap masyarakat punya hak untuk mendapatkan jawaban.

“Kalau dikatakan tidak transparan, kami sudah membuat web, web ini kami buat yang dulunya tidak pernah ada. Lewat web PPBD, web Disdik Kota Makassar yang resmi, sehingga semua masyarakat bisa lihat dan memang harus lewat situ. Jadi semua transparan,” kuncinya.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending