RS Rujukan Covid-19 Di Makassar Sudah Penuh Pasien - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

RS Rujukan Covid-19 di Makassar Sudah Penuh Pasien

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin membeberkan kapasitas penampungan Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 di Makassar telah penuh. Banyaknya pasien lantaran kasus Covid-19 di Makassar terus melonjak.

Sekedar diketahui ada tujuh RS rujukan Covid-19 di Makassar, masing-masing RSUD Labuang Baji, RSUP Wahidin, RSUP Unhas, RSUD Sayang Rakyat, RSU Doktor Tjuddinhalid, RSKG Dadi dan RSUD Haji. Sebagian bedar RS rujukan itu melaporkan kondisi jumlah pasien yang terus melonjak, diantaranya RSUP Wahidin dan RSUD Daya.

Berdasarkan data update Covid-19 di Makassar per tanggal (6/7/2020) tercatat ada sebanyak 2468 orang positif Covid-19, 681 orang dirawat di RS dan 1.786 memilih melakukan isolasi mandiri. Sementara yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 ada sebanyak 995 orang, dan yang meninggal dunia 157 orang.

“Kapasitasnya yang penuh,” beber Naisyah kepada media, Selasa (6/7/2020).

Pihaknya terus mengontrol pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Langkah ini disebut menjadi alternatif agar warga yang harus dirujuk ke RS dapat tertampung dengan keluarnya pasien yang telah dinyatakan sembuh.

“Kan setiap hari ada yang sembuh, supaya bisa masuk kalau yang membutuhkan. Kan tidak semua yang positif juga harus diisolasi. Nah harapan kita walaupun penuh kan kalau ada yang sembuh, pulang, kan bisa diisi lagi,” ungkap Naisyah.

Prosedur penanganan pasien Covid-19 sendiri kata Naisyah harus betul-betul ketat dengan menjalani tes swab sebanyak dua kali untuk bisa dinyatakan sembuh. Dan adapun jika hasil tes swab negatif sebanyak dua kali maka pasien itu bisa dipulangkan.

Sejauh ini jumlah warga yang positif Covid-19 dan memilih isolasi mandiri juga banyak, sehingga diharapkan hanya mereka yang memiliki gejala yang dirujuk ke RS. 

“Kan yang OTG atau orang tanpa gejala. Ada yang isolasi mandiri di rumah, ada di hotel, nanti kalau yang bergejala yang memerlukan bantuan RS baru dirujuk,” pungkasnya.

Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar yang juga merupakan rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Makassar hanya bisa menampung maksimal 31 orang pasien dewasa dan 2 anak-anak atau disesuaikan dengan jumlah tempat tidur yang ada.

“Setiap saat bisa berubah datanya. Karna ada yang baru masuk, ada yang sembuh terus pulang. Ada juga yang meninggal. Contohnya, tadi pagi PDP 9, Positif 17. Sekarang sudah berubah karna tadi sore ada PDP yang meninggal 1 orang, positif meninggal 1 orang,” Kata Humas RSUD Daya Makassar, Wisnu Maulana.

Diketahui saat ini pasien yang dirawat di RSUD Daya Makassar sebanyak 24 orang, PDP 8 orang dan Positif 16 orang.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending