Ada Rapid Test Di Tempat Bagi Warga Yang Terciduk Tak Gunakan Masker - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Ada Rapid Test di Tempat Bagi Warga Yang Terciduk Tak Gunakan Masker

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pelaksanaan rapid test di tempat bagi warga yang ditemukan di jalan tidak menggunakan masker ditanggapi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar.

Aturan itu tertuang dalam Perwali 36 tahun 2020 di kota Makassa tentang Percepatan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Bab VIII, Pasal 11.

Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, pelaksanaan rapid test di tempat sudah dipersiapkan sebelum Perwali baru terbit.

“Dinkes siap laksanakan tugas. Kalau kita sudah keluarkan perwali artinya kita sudah siap. Kami sudah siapkan rapid,” kata Naisyah saat ditemui di posko Gugus Tugas Covid-19 Makassar, Kamis (9/7/2020).

Adapun pelaksanaan rapid test ditempat nantinya, kata Naisyah akan di pilah-pilah. Tidak semua orang yang kedapatan menggunakan masker langsung di rapid test.

“Akan disampling, misalnya ada lima orang didapat tidak pakai masker, kita liat mana yang kita sampling dulu pake jarum. Karena konsekuensinya itu, kalau dia reaktif, dia akan diisolasi. Discan juga, nanti kita liat yang mana yang disampling untuk dilakukan rapid. Nanti ada petugas yang lakukan, yang mana mau di rapid test, ” jelas Naisyah.

Sanksi pun disebut Naisyah ada dua macam, yakni langsung di rapid test di tempat dan kedua dikenakan sanksi sosial.

Misalkan kerja bakti atau diarahkan untuk membersihkan area fasilita-fasilitas umum.

“Nanti timnya menentukan disitu, mana yang akan dirapid,” ungkpnya.

Sementara untuk persiapan sendiri, Dinkes menyebut pihaknya saat ini tengah melakukan inventaris berapa jumlah sisah rapid test di puskesmas-puskesmas untuk digunakan dalam penerapam perwali ini.

“Kita juga sudah melakukan pesanan untuk antisipasi mudah-mudahan segera ada. Kemarin ada persiapan juga kurang lebih kemarin pak wali bilang lima ribu untuk persiapan perwali,” kuncinya.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending