IOF Sulsel Tembus Daerah Terisolir Di Masamba, Salurkan Logistik Dan Jemput Warga Sakit - Makassar Today
Connect with us

Komunitas

IOF Sulsel Tembus Daerah Terisolir di Masamba, Salurkan Logistik dan Jemput Warga Sakit

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Masamba – Pengurus Daerah (Pengda) Indonesia Off-road Federation (IOF) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui divisi Rescue ikut ambil peran dalam penanganan korban banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

Rombongan Divisi Rescue dipimpin langsung Ketua Pengda IOF Sulsel, Adi Rasyid Ali (ARA), bersama sejumlah komunitas mobil 4×4 menembus daerah terisolir, Desa Manipi, Kecamatan Masamba, Sabtu (18/7/2020).

Dansat Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis Prasetyo, yang juga berada di Masamba menurunkan sejumlah personelnya mengawal misi kemanusiaan IOF Sulsel untuk membantu proses penyaluran bantuan.

Pendistribusian bantuan oleh IOF Sulsel ke Desa Maipi dilakukan mengingat akses jalan menuju pemukiman warga di sana masih terputus akibat banjir bandang yang terjadi, Senin (13/7/2020) lalu.

“Hari ini kami bersama komunitas mobil 4×4 telah menyalurkan bantuan ke Desa Maipi. Kondisi jalan menuju desa ini terputus dan hanya bisa dilalui kendaraan seperti yang kami gunakan. Kami bersyukur karena kedatangan kami disambut tangis haru dan bahagia dari warga di sana,” ucap ARA, akronim akrabnya.

Desa Manipi merupakan salah satu wilayah yang paling terdampak yang berada di area bantaran sungai besar. Untuk menuju desa ini dibutuhan sekira 2 jam lebih perjalanan darat.

Puluhan rumah di Desa Maipi rusak berat akibat banjir bandang. Sebagian rumah yang terbuat dari material kayu banhkan hanyut disapu banjir.

Adapun pendistribusian logistik, kata ARA berlangsung di Lapangan Maipi dan dihadiri langsung ribuan warga. Adapun bantuan IOF Sulsel senilai Rp50 juta disalurkan dalam bentuk barang-barang kebutuhan warga sehari-hari.

Surya, tokoh pemuda mewakili warga Desa Maipi mengaku sangat bersyukur atas penyaluran bantuan dari pihak Pengda IOF Sulsel.

“Saya mewakili warga Maipi sangat terharu dengan kehadiran IOF Sulsel di desa kami. Bantuan ini sangat diharapkan warga mengingat akses jalan di desa kami masih terputus,” ucapnya dengan nada haru.

Setelah menyerahkan bantaun, Pengda IOF Sulsel juga mengevakuasi salah seorang warga ke RS Andi Djemma. Pasca bencana banjir, warga sakit parah di desa tersebut tak bisa dibawa ke rumah sakit lantaran akses jalan tak dapat dilalui oleh mobil ambulance.

(**)

BAGIKAN:

Trending